Pelaksanaan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al Falah Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2023

Oktavia, Tiara (2023) Pelaksanaan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al Falah Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2023. Undergraduate thesis, Uin khas jember.

[img] Text
DIGILIB_TIARA_LENGKAP_24.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci:Pembelajaran Metode qiroati, menghafal Al-Qur’an
Pondok Pesantren dengan kearifan gaya modern yang (mengaji sekaligus mengabdi) dianggap sudah jarang dijumpai. Apalagi di lembaga pendidikan umum yang berbentuk nonpesantren. Selain itu, kyai selaku pengasuh pesantren bersifat amat disegani dan ditakzimi oleh para santrinya. Pesantren dapat dibedakan melalui keunggulan dan fokus keilmuannya yang berbeda-beda. Seperti pesantren Tahfidz Al-Qur‟an yang hanya berfokus pada ilmu Al-Quran dan taḥfīẓ (hafalan. Dimana Al-Qur‟an merupakan Kalamullah (kitab suci) yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suatu mu‟jizat yang terbesar melalui malaikat Jibril, yang didalamnya terdapat petunjuk dan pedoman mengenai langkah untuk mencapai kebahagian hidup yang hakiki. Dengan metode qiroati pembelajaran Al Qur‟an adal;ah metode yang tepat untuk menghafal Qur‟an. Kegiatan pengimplementasian program tahfidz Al-Qur‟an untuk para santri sangat beragam sesuai kebijakan pondok pesantren yang melaksanakannya. Strategi sangat dibutuhkan dalam rangka terlaksananya proses dengan alur kegiatan yang sistematis.
Berpijak pada permasalahan diatas maka yang menjadi fokus penelitian iani adalah bagaimana pelaksanaan metode Qiroati dalam Pembelajaran Tahfidz Qur‟an Di Pondok Pesantren Al Falah Desa Klompangan Ajung Jember Tahun Pembelajaran 2022/2023 ? dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Ingin mendeskripsikan pelaksanaan metode Qiroati dalam Pembelajaran Tahfidz Qur‟an Di Pondok Pesantren Al Falah Desa Klompangan Ajung Jember Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Berkaitan dengan fokus penelitian di atas untuk menggali data menggunakan beberapa metode penelitian yaitu penedekatan dan jenis penelitian, teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, metode interview dan metode dokumenter. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Tiara Oktavia
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:25
Last Modified: 13 Jul 2023 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27025

Actions (login required)

View Item View Item