Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Faizatud, Daroini (2023) Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FAIZATUD DAROINI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Explosion Box, Minat Belajar, Mata Pelajaran Fikih

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembentukan individu berkualitas, namun terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran, seperti rendahnya minat belajar dan kurangnya keterlibatan siswa. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya persiapan, rasa malas, ketidakberminatan dalam belajar, dan rendahnya kesadaran akan tujuan belajar dapat menjadi penyebabnya. Dalam upaya meningkatkan minat belajar dan keterlibatan siswa, pendidik menerapkan media pembelajaran yang menarik seperti media Explosion Box pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember.
Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media Explosion Box terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTsN 7 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box terhadap Minat Belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTsN 7 Jember. Kemudian Sampel yang diambil sebanyak 63 siswa yang berasal dari kelas VIII A dan kelas VIII B dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kueisoner.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26 dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0, 05 yang berarti variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0, 770. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh variabel bebas (Explosion Box) terhadap variabel terikat (Minat Belajar) adalah sebesar 77%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Explosion Box terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: faizatud daroini 2019
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:16
Last Modified: 13 Jul 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27040

Actions (login required)

View Item View Item