EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 01 PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Aslam, Filda Alhumairah (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 01 PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard.pdf

Download (7MB)

Abstract

Filda Alhumairah Aslam, 2023: Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Puger Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Efektivitas, Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah yang terdapat pada beberapa kelas. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan oleh guru. Pasalnya, model pembelajaran dapat menciptakan suasana kelas kondusif dan menyenangkan atau bahkan sebaliknya. Salah satu model pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang kondusif adalah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 01 Puger yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 01 Puger yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving. 3) Untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 01 Puger.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimental design bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest posttest dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Independent sample t-test dan Uji N-Gain Score.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 75,31. 2) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 82,66. 3) Berdasarkan uji independent sample t-test pada posttest kedua kelas diperoleh Sig.2(tailed) = 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran creative problem solving dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji N-Gain Score diperoleh nilai 55,8935% yang artinya model pembelajaran creative problem solving cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 01 Puger Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010104 Combinatorics and Discrete Mathematics (excl. Physical Combinatorics)
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Depositing User: Filda Alhumairah Aslam
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:56
Last Modified: 13 Jul 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item