Implementasi Manajemen Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan di Smks addimyati Jenggawah Jember

Darmatanti, Reta sukma (2023) Implementasi Manajemen Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan di Smks addimyati Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI _RETA FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Manajemen Pembinaan Peserta Didik, Kedisiplinan
Disetiap lembaga pendidikan sangat penting menerapkan pembinaan
kedisiplinan agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efisien. Disiplin
merupakan suatu kegiatan dimana sikap, penampilan dan tingkah laku peserta didik
sesuai dengan tatanan nilai, norma dan ketentuan-ketentuan yang berlaku di sekolah dan
kelas dimana mereka berada. Oleh Karena itu, melalui pelaksanaan manajemen
pembinaan peserta didik yang meliputi beberapa kegiatan diharapkan dapat membentuk
karakter kedisiplinan pada peserta didik.
Fokus penelitian dalam penelitian, ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan
Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah
Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah.2) Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan peserta
didik dalam meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta
Addimyati Jenggawah.3)Bagaimana Evaluasi Pembinaan peserta didik dalam
meningkatkan kedisiplinan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati
Jenggawah. Sedangkan, Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
Perencanaan Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan di Sekolah
Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah. 2) Untuk mendeskripsikan
Pelaksanaan Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan di Sekolah
Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah.3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi
Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan di S Sekolah Menengah
Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis
penelitian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi partipasi,
wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model
deskriptif kualitatif , menganalisis data menggunakan 3 langkah yaitu: kondensasi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi tekhnik.
Hasil Penelitian ini yaitu: 1)Perencanaan Pembinaan Peserta Didik dalam
meningkatkan kedisiplinan pada lembaga ini yakni Melakukan rapat koordinasi yang
dilakukan oleh kepala sekolah, waka kesiswan, Guru BK, serta guru dan staf lainnya,
untuk membuat pedoman program kesiswaan yang dilaksaknakan setiap awal tahun
ajaran baru.Peraturan dan tata tertib yang digunakan yakni peraturan sistem poin.2)
Pelaksanaan Pembinaan Peserta Didik dalam meningkatkan kedisiplinan dimulai saat
kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Kegiatan rutin Senyum Salam Sapa
(3S), pembinaan ekstrakurikuler, pengecekan atribut peserta didik, Poin pelanggaran bagi
yang melanggar,Kegiatan upacara, dan Sholat berjamaah.3).Evaluasi Pembinaan Peserta
Didik dalam meningkatkan kedisiplinan yakni dilakukan tertulis dan tak tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RETA SUKMA DARMATANTI
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:26
Last Modified: 13 Jul 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item