Analisis Advertensi Jasa Pembiayaan UMKM Pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember

Palupi, Niken Ayu Diah (2023) Analisis Advertensi Jasa Pembiayaan UMKM Pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Niken Ayu Diah Palupi_E20191141.pdf

Download (3MB)

Abstract

Niken Ayu Diah Palupi, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos. M.Si, 2023 : Analisis Advertensi Jasa Pembiayaan UMKM Pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember.

Kata kunci : Advertensi, Pembiayaan, UMKM.

​Kegiatan Advertensi merupakan unsur penting dalam kegiatan mengenalkan produk termasuk produk dalam perbankan. Advertensi merupakan cara untuk mempromosikan barang, jasa, atau gagasan yang dibiayai oleh sponsor yang dikenal. Dalam mempromosikan tersebut dengan cara melalui komunikasi dengan baik dan benar, sehingga produk yang akan dipromosikan tersebut dapat terjual, Salah satu produk keunggulan yang diberikan oleh PT. BPRS Bhakti Sumekar Jember yaitu pembiayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), produk ini mempunyai kelebihan dengan pemberian modal yang menggunakan akad murabahah dalam produk pembiayaannya yang dikemas dengan produk pembiayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Pembiayaan UMKM ini dalam operasionalnya bisa menggunakan akad murabahah atau jual beli. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan advertensi kepada masyarakat agar produk yang dimiliki oleh PT. BPRS Bhakti Sumekar Jember dapat diketahui dengan baik sehingga masyarakat dapat memahami produk-produk yang ada di PT. BPRS Bhakti Sumekar Jember, utamanya terkait produk pembiayaan UMKM yang bertujuan membantu pelaku usaha dalam memperoleh modal.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1.Bagaimana mekanisme advertensi dalam jasa pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar? 2. Bagaimana fungsi advertensi jasa pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui mekanisme advertensi jasa pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar cabang Jember. 2. Untuk mengetahui fungsi jasa pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar cabang Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Mekanisme advertensi pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember dengan melalui dua media, yaitu media elektronik dan media cetak. 2. Beberapa fungsi dengan adanya advertensi jasa pembiayaan UMKM pada PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Jember. Di antaranya yakni 1) Memudahkan pemasaran 2) Menambah jumlah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Ms Niken Ayu Diah Palupi
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:41
Last Modified: 14 Jul 2023 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27051

Actions (login required)

View Item View Item