PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SABAR DAN OPTIMIS KELAS VII MTS MA’ARIF AMBULU TAHUN AJARAN 2022/2023

Al Ansori, Sholihudin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SABAR DAN OPTIMIS KELAS VII MTS MA’ARIF AMBULU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq.

[img] Text
SHOLIHUDIN AL ANSORI_T20191363.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sholihudin Al Ansori, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sabar dan Optimis Kelas VII MTs Ma’arif Ambulu Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata kunci: model pembelajaran example non example, hasil belajar, al-qur’an hadits
Pada saat ini sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Ambulu belum cukup memadai untuk menunjang siswa melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karenanya guru harus menginovasi model pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas. Oleh karena itu peneliti ingin menguji teori pembelajaran kooperatif jenis pembelajaran example non example yang tidak memerlukan alat-alat pembelajaran dengan teknologi yang canggih.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023?. 2) Adakah Pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023, mengetahui Pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain (Pre-Experimental Design (Non-Design). Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik : a) observasi, b) dokumentasi, c) tes, d) angket.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023. 2) terdapat pengaruh signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar siswa materi sabar dan optimis kelas VII MTs Ma’arif Ambulu tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Sholihudin Al ansori
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:39
Last Modified: 17 Jul 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item