Pelaksanaan Metode Jarimatika Qur'an Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember Tahun 2023

Conita Fadel, Niswa Nilam (2023) Pelaksanaan Metode Jarimatika Qur'an Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
NISWA REVISI 10-7-2023 digilib.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK
Niswa Nilam Conita Fadel 2023: Pelaksanaan Metode Jarimatika Qur’an Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember Tahun 2023.
Kata Kunci: Metode Jarimatika Qur’an, Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an

Semenjak pertama kitab ini (Al-Qur’an) diturunkan, Rasulullah dalam menyampaikan kepada para sahabat sama sebagaimana beliau menerima yakni langsung menirukan dan menghafal ayat-ayat yang diterima. Selain untuk menjaga keaslian Al-Qur’an menghafal juga berfungsi sebagai jalan untuk memperoleh kefahaman terhadap Al-Qur’an banyaknya variasi metode menghafal Al-Qur’an yang tersedia dan semakin memudahkan seseorang dalam memilih metode mana yang cocok dengan diri masing-masing. Metode jarimatika Qur’an menarik karena menghasilkan paket hafalan yang relatif lebih lengkap.
Berdasarkan pada permasalahan di atas yang menjadi fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode jarimatika Qur’an dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember Tahun 2023? dan 2) Apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode jarimatika Qur’an dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2023?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1.)Mendeskripsikan pelaksanaan metode jarimatika Qur’an dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Desa Klompangan Ajung Jember Tahun 2023. 2.)Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode jarimatika Qur’an dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Klompangan Ajung Jember Tahun 2023.
Dengan beberapa metode penelitian yang dilakukan dengan analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa: 1.) Pelaksanaan metode jarimatika Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an adalah santri mempersiapkan Al-Qur’an untuk membaca ayat yang akan dihafal dan ustadz memerintah santri untuk mempersiapkan Al-Qur’an dan jarinya tangan. Menghafal dimulai dengan menghafal lima ayat pertama yakni untuk ditambah ruas-ruas jari tangan, tekniknya adalah ustadz membacakan dan santi mengikuti dan seterusanya, proses ziyadah dilakukan dan santri menyelesaikan tahfidz sesuai jumlah yang ditargetkan, tahapan selanjutnya (masih dilakukan secara klasikal) dan 2) Keberhasilan dalam pelaksanaan metode jarimatika Qur’an, ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat metode jarimatika Qur’an. Metode Jarimatika dapat membantu untuk mengingat maka ingatan akan semakin kuat. Metode jarimatika Qur’an merupakan metode pengembangan hafalan, sehingga problematika yang dihadapi para penghafal sedikitnya bisa terbantu dengan hadirnya metode tesebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Niswa Nilam Conita Fadel
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:04
Last Modified: 13 Jul 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item