KONSEP PARENTING MENURUT AL-QUR’AN SURAH LUQMAN DALAM KAJIAN TAFSIR LISAN OKI SETIANA DEWI

Hilda Maria, Ulfa (2023) KONSEP PARENTING MENURUT AL-QUR’AN SURAH LUQMAN DALAM KAJIAN TAFSIR LISAN OKI SETIANA DEWI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI HILDA MARIA ULFA .pdf

Download (1MB)

Abstract

Hilda Maria Ulfa, 2023: Konsep Parenting Menurut Al-Qur’an Surah Luqman Dalam Kajian Tafsir Lisan Oki Setiana Dewi
Kata Kunci : Parenting, Surah Luqman, Tafsir Lisan
Parenting berasal dari bahasa Inggris yaitu parent yang artinya orang tua. Parenting adalah sebuah proses ketrampilan atau cara orang tua dalam berinteraksi dengan anaknya, dalam hal ini meliputi kebutuhan fisik seorang anak seperti (makan, minum, dan lain-lain), tidak hanya memenuhi kebutuhan pada fisik saja melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan psikologis seorang anak (kasih sayang, rasa aman dan lain-lain), serta sosialisasi terhadap norma-norma yang ada dalam masyarakat agar anak bisa hidup selaras dengan lingkungan yang ada.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penafsiran Oki Setiana Dewi mengenai ayat tentang parenting dalam surah Luqman ?, (2)Bagaimana karakteristik komunikasi tafsir lisan Oki Setiana Dewi terhadap parenting menurut Harold Dwight Laswell?. Selain Tujuan Penelitiannya sebagai berikut: (1)Untuk memaparkan penafsiran Oki Setiana Dewi terhadap ayat tentang parenting dalam surah Luqman, (2)Untuk menjelaskan karakteristik komunikasi dalam penyampaian tafsir lisan Oki Setiana Dewi dengan menggunakan teori analisis Harold Dwight Laswell
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan fokus terhadap data yang sudah ada serta menggunakan pendekatan etnografi virtual, data yang di dapatkan melalui informasi-informasi yang ada pada dunia online yang menjadi ganti dari sebuah hasil wawancara atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data, mengumpulan dokumen yang berupa video ceramah Oki Setiana Dewi serta mengumpulkan beberapa data dari kepustakaan buku, jurnal, artikel serta yang berkaitan dengan penelitian. Adapun analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif .
Hasil penelitian ini adalah pertama, secara garis besar surah Luqman ayat 13-19 ini membahas tentang bagaimana konsep pendidikan anak yang dipraktikkan oleh Luqman terhadap anak-anaknya. Kedua, penafsiran tentang surah Luqman yang disampaikan Oki Setiana Dewi mengenai nasehat-nasehat Luqman terhadap anaknya yang beliau praktikkan terhadap anak-anak beliau. Ketiga, karakteristik ceramah Oki Setiana Dewi dalam ceramahnya di sosial media menggunakan teori komunikasi Harold Dwight Laswell yang mana karakteritik tersebut diantaranya : : Who (siapa), Says What (apa pesan yang disampaikan), In Which Channel (sumber apa yang digunakan), To Whom (siapa komunikan), dan With What Effect (apa sesuatu yang didapatkan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: ms. hilda maria ulfa
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:09
Last Modified: 13 Jul 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item