KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ DALAM BIDANG POLITIK PADA MASA DINASTI UMAYYAH TAHUN 717-720 M

Siti, Nurhalimah (2023) KEPEMIMPINAN UMAR BIN ABDUL AZIZ DALAM BIDANG POLITIK PADA MASA DINASTI UMAYYAH TAHUN 717-720 M. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NUR HALIMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Nurhalimah. 2023. Kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz Dalam Bidang Politik Pada Masa Dinasti Umayyah tahun 717-719 M.
Dinasti Umayyah merupakan keluarga pemerintahan kekhalifahan islam yang berdiri pada tahun 661 M hingga 750 M. berdirinya Dinasti Umayyah tidak lepas dari peristiwa Takhkim dalam perang Siffin. Pendiri Dinasti Umayyah yakni Muawiyah bin Abu Sufyan. Terdapat 14 Khalifah dari Dinasti Bani Umayyah. Salah satunya yakni Umar bin Abdul Aziz.
Terdapat dua fokus penelitian yakni: 1) bagaimana kepemimpinan Dinasti Umayyah sebelum kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz?. 2) bagaimana kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bidang politik?
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kepemimpinan Khalifah Dinasti Umayyah sebelum kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz. Dan mengkaji kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bidang politik.
Penelitian ini ialah penelitian sejarah dengan menggunakan metode penelitian sejarah melalui heuristik yakni dengan pengumpulan data dengan sumber primer dan sumber sekunder dari berbagai buku, jurnal, artikel dan lainnya, verifikasi (kritik sumber), interpretasi, juga historiografi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Dinasti Umayyah berdiri setelah Hasan bin Ali menyerahkan kepemimpinannya terhadap Muawiyah bin Abu Sufyan tepatnya pada tahun 661 M. Kepemimpinan sebelum Umar bin Abdul Aziz menggunakan system Monarchi Heridetis (turun-temurun) kemudian pada masa Umar bin Abdul Aziz kepemimpinan menggunakan strategi seperti apa yang dilakukan oleh Khulafur Rasyidin. Dalam bidang politiknya Umar bin Abdul Aziz menegakkan keadilan, memecat para pegawai yang zhalim, mengembalikan hak kepada pemiliknya, dan mengajak pada kebaikan demi kesejahteraan rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Depositing User: Halimah Siti Nurhalimah Siti Nurhalimah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:41
Last Modified: 14 Jul 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item