PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 6 JEMBER

Arini, Fakhria Arifah (2023) PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI ARINI T20191318.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penguatan pendidikan karakter termasuk didalamnya karakter religius merupakan program pemerintah yang didelegasikan kepada seluruh sekolah secara nasional untuk dilaksanakan sebagai implementasi dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Tujuannya adalah memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Karena itu sekolah menjadi pilar utama dalam merealisasikan pendidikan karakter. SMPN 6 Jember juga memikul tanggung jawab yang sama dalam melakukan penguatan dan pengembangan karakter peserta didiknya baik melalui pembelajaran yang intrakurikuler maupun pembelajaran ekstrakurikuler.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1). Bagaimana pengembangan karakter religius melalui pembelajaran intrakurikuler di SMPN 6 Jember? dan 2). Bagaimana pengembangan karakter religius melalui pembelajaran ekstrakurikuler di SMPN 6 Jember? Maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah: 1). Untuk mendeskripsikan pengembangan karakter religius melalui pembelajaran intrakurikuler di SMPN 6 Jember. Dan 2). Untuk mendeskripsikan pengembangan karakter religius melalui pembelajaran ekstrakurikuler di SMPN 6 Jember.
Penelitian ini didesain dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus di SMPN 6 Jember. Penetuan subjek penelitiannya dilakukan secara purposive. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Karena itu pengujian validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Kemudian untuk analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana.
Temuan dari penelitian ini adalah: Pertama, Pengembangan karakter religius melalui kegiatan intrakurikuler di SMP Negeri 6 Jember terdiri dari: 1) Internalisasi nilai-nilai religius melalui pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam, 2) Internalisasi nilai-nilai religius melalui pembelajaran materi non Pendidikan Agama Islam, 3) Pembacaan Surah Yaasin dan al-Asma al-Husna sebelum pembelajaran dimulai pada setiap hari Jumat, dan 4) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an berdasarkan Peraturan Bupati Jember Nomor 111 Tahun 2021. Intensitas proses pembelajaran intrakurikuler tersebut dapat menguatkan dan mengembangkan karakter religius peserta didik. Dan kedua, pengembangan karakter religius melalui pembelajaran ekstrakurikuler di SMP Negeri 6 Jember ialah dengan: 1) Pembiasaan sholat dluha berjama’ah, 2) Baca Tulis Al-Qur’an, 3) Jumat beramal, 4) Kegiatan PHBI, dan 5) Pondok romadlon. Kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler bertujuan untuk menambah pemahaman, pengalaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama sehingga mampu mengembangkan karakter religius peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Pembelajaran Ekstrakurikuler dan Ekstrakurikuler
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Arini Fakhria Arifah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:28
Last Modified: 14 Jul 2023 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item