Hermansyah, Wildan (2023) Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Ekosistem Terintegrasi dengan Ayat-ayat Al-Quran pada Materi Ekosistem untuk kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wildan Hermansyah_T20198011_Tadris Biologi.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pembelajaran dimaknai sebagai proses interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Interaksi ini dilakukan manusia seperti hendak memperoleh, mengetahui, dan memahami pengetahuan serta pengalaman yang baru diketahuinya ataupun sudah diketahui sebelumnya. Pembelajaran biologi sangat berkaitan dengan lingkungan disekitar siswa, namun disisi lain minimnya pengetahuan siswa akan berdampak pada pemahamannya tentang pembelajaran biologi. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya bahan ajar dan minimnya sumber belajar yang digunakan oleh siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkannya suatu bahan ajar yang menunjang siswa dalam proses belajarnya berupa buku ensiklopedia.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan bahan ajar ensiklopedia ekosistem terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran pada materi ekosistem untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember, 2) Untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan pengembangan bahan ajar ensiklopedia ekosistem terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran pada materi ekosistem untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember, 3) Untuk mendeskripsikan efektifitas bahan ajar ensiklopedia ekosistem terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran pada materi ekosistem untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Suren.Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ensiklopedia ekosistem terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi 1&2 sebesar 99% dan 95%, kevalidan dari ahli media 1&2 sebesar 98,26% & 81,73%, kevalidan dari ahli tafsir sebesar 80%, kevalidan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 86,66% dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 90,47%. (2) Hasil uji respon siswa terhadap ensiklopedia ekosistem didapatkan nilai persentase sebesar 93,3% untuk uji skala kecil dan 88,4% untuk uji skala besar dan masuk pada kategori “sangat menarik”. (3) Hasil uji nilai pretest dan posttest menggunakan uji t di peroleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa, dan hasil perolehan uji N-gain yaitu 0,65 kesimpulannya ensiklopedia ekosistem terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Actions (login required)
View Item |