Persepsi tokoh agama islam terhadap perkawinan hamil di luar nikah di desa sumber jeruk kecamatan kalisat kabupaten jember

Ummah, Faiqotul (2023) Persepsi tokoh agama islam terhadap perkawinan hamil di luar nikah di desa sumber jeruk kecamatan kalisat kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Faiqotul Ummah_S20191120 (1) (1).pdf

Download (16MB)

Abstract

Faiqotul Ummah, 2023 : Persepsi Tokoh Agama IslamTerhadap Perkawinan Hamil Di luar NIkah Di Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember
Kata Kunci : Tokoh Agama, Perkawinan, Hamil di luar Nikah
Perkawinan hamil di luar nikah ialah perkawinan yang dilakukan setelah terjadinya kehamilan pada wanita. Pada zaman sekarang hamil di luar nikah sering terjadi pada remaja, karena wanita remaja mencoba untuk melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis yang bukan mahromnya sehingga dapat menyebabkan hamil di luar nikah. Seorang wanita maka akan merasa malu dan orang tua juga merasa malu dengan perbuatan anaknya sehingga orang tua berkeinginan untuk menikahkan anaknya dengan laki-laki yang menghamilinya.
Fokus masalah yang akan diteliti oleh penulis yaitu : 1) Bagaimana faktor dan dampak terjadinya perkawinan hamil di luar nikah di Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana persepsi tokoh agama Islam terhadap faktor dan dampak terjadinya perkawinan hamil di luar nikah di Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember?.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan faktor dan dampak terjadinya perkawinan hamil di luar nikah di Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan persepsi tokoh agama Islam terhadap perkawinan hamil di luar nikah di Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat penelitian yuridis empiris kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan kasus, dan pendekatan sosiologi adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan keabsahan data mengguanakan teknik triangulasi data.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Faktor dan dampak terjadinya perkawinan hamil di luar nikah yaitu adanya pergaulan bebas dan pelecehan seksual, dampak nya yaitu tingkat ekonomi yang rendah, pelaku akan di kucilkan oleh keluarga dan masyarakat, dan perbuatan tersebut mengganggu kesehatan mental bagi pelaku kawin hamil 2) Penilian Tokoh Agama Islam terhadaphukum melakukan perkawinan hamil di luar nikah yaitu boleh, dan harus melakukan perkawinan dengan orang yang menghamilinya dan apabila anak itu dilahirkan dalam umur kandungan kurang dari enam bulan maka nasab anak tersebut bernasab ke ibunya dan apabila anak tersebut dilahirkan dalam umur kandungan lebih dari enam bulan maka anak tersebut dinasabkan kepada ayahnya, tokoh agama untuk mengatasi peristiwa tersebut yaitu harus hati-hati apabila bergaul bebas dengan laki-laki yang bukan mahromnya agar tidak terjadi dengan perbuatan yang tidak di inginkan, di dalam pengajian rutin yang di adakan dua pertemuan dalam satu minggu oleh tokoh agama jangan hanya di isi dengan yasin dan tahlil saja melainkan di isi dengan nasihat-nasihat keagamaan agar tidak terjadi peristiwa tersebut, dan harus paham betul tentang agama dengan cara remaja di haruskan untuk mengikuti kegiatan yang di adakan oleh tokoh agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Depositing User: Mrs Faiqotul Ummah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:29
Last Modified: 14 Jul 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

View Item View Item