Pengelolaan pembelajaran pendidikan agama islam era industri 4.0 di MTsN 7Jember

Siti, Lia Ainun Naja (2023) Pengelolaan pembelajaran pendidikan agama islam era industri 4.0 di MTsN 7Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
SITI LIA AINUN NAJA T20171022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Lia Ainun Naja, 2023: Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Industri 4.0 di MTsN 7 Jember

Kata kunci : Pengelolaan Pembelajaran PAI, Era Industri 4.0
Pengelolaan pembelajaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran atau orang yang membantunya dengan maksud agar tercapai kondisi optimal, sehingga dapat terlaksana kegiatan pembelajaran yang diharapkan. MTsN 7 Jember merupakan madrasah yang berada pada naungan kemenag dan menerapkan pengelolaan pembelajaran era industri 4.0. Setelah dilakukan pengamatan, ditemukan bahwa MTsN 7 Jember dalam penerapannya melaksanakan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam era industri 4.0.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan pembelajaran PAI era industri 4.0 di MTsN 7 Jember?, 2) Apa saja faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan pembelajaran PAI era industri 4.0 di MTsN 7 Jember?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran PAI era industri 4.0 di MTsN 7 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi dalam pengelolaan pembelajaran PAI era industri 4.0 di MTsN 7 Jember
Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian kepala madrasah, Waka kurikulum, satu guru pendidikan agama islam dan siswa-siswi kelas VIII B. Teknik pengumpulan data teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di MTsN 7 Jember pada era industri 4.0 ini sudah mampu untuk mengikuti perkembangan era. Dimana dalam era industri 4.0 ini teknologi dan internet berperan penting dalam semua aspek tak terkecuali dalam pendidikan. Adapun pengelolaan pembelajaran ini terdiri dari perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan, RPP, dan perangkat pendukung, Pelaksanaan pembelajaran dimanan guru menerapkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang telah di susun dalam RPP, dan evaluasi pembelajaran untuk menentukan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. 2) faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran di MTsN 7 Jember masih ada beberapa orang yang belum terlalu bisa untuk menggunakan teknologi meskipun sebagaian besar bisa menggunkannya, sehingga terkadang guru masih merasa kesulitan dalam beradaptasi dengan teknologi, ketertinggalan upgrade dalam teknologi dan sarana prasaran yang belum tersedia perangkat penunjang untuk pembelajaran serta kurangnya ide kreativitas guru Adapun solusinya yaitu mengikuti webinar untuk mempelajari kembali tentang pengelolaan pembelajaran di era industri 4.0, menuntut guru untuk selalu update perkembangan era teknologi agar tidak gaptek dan berusaha untuk melengkapi fasilitas agar dapat menunjang pembelajaran yang baik serta menuntut guru untuk lebih bisa memiliki ide kreatif dengan memperbanyak wawasan bisa dari video ataupun yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Ms Siti Lia Ainun Naja
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:00
Last Modified: 14 Jul 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27087

Actions (login required)

View Item View Item