STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PENGOLAHAN BATU KAPUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember)

Posa Kardi, Posa and Sugiartik, Hartik and Putri Fifian Anggraeni, Putri (2023) STRATEGI KETAHANAN EKONOMI PENGOLAHAN BATU KAPUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mohammad Fiki.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mohammad Fiki Maulana Hardiansah, 2021. Strategi Ketahanan Ekonomi Pengolahan Batu Kapur Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Mengah Pertama. (Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember) Fakultas Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing: Alfisyah Nurhayati, M.Si.
Kata Kunci: Sumber belajar, Strategi Ketahanan Ekonomi Masyarakat
Pentingnya pemanfaat sumber daya alam untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi. Memanfaatkan sumber daya alam denagan baik berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Konsep sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial memuat di dalamnya materi yang berkaitan dengan llingkungan, yaitu potensi sumber daya alam. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan bekerja dan pengalaman. Tujuan penelitian pengolahan batu kapur supaya para siswa mengetahui strategi ketahana ekonomi masyarakat pengolahan batu kapur untuk dijadikan sebagai acuan dikehidupan yang akan dating.
Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, bahwa penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau bisa dari perilaku beberapa individu dalam suatu masyarakat yang dapat diamati. Metode ini juga dapat menganalisis dan mengungkapkan suatu fenomena tentang strategi ketahanan ekonomi masyaraat pengolahan batu kapur di Desa Grenden Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Hal ini merupakan bentuk penelitian dengan mendeskripsikan fenomena dapat berupa aktifitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena yang lainnya. Penelitian kualitatif deskripstif, penelitian yang digunakan untuk pendekatan studi dengan kondisi objektif yang alamiah. Fenomena yang terjadi di Desa Grenden adalah pendapatan yang cukup stabil dengan rata-rata Rp. 100.000 per hari. Dengan hal itu masyarakat mampu mengangkat derajat keluarga mereka, dan mampu memberikan Pendidikan yang cukup baik kepada anggota keluarga yang masih beranjak dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mohammad Fiki Maulana Hardiansah
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:40
Last Modified: 17 Jul 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item View Item