Ayat-ayat air dan angin (Studi penafsiran Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Mishbah)

Marfiatun, Marfiatun (2023) Ayat-ayat air dan angin (Studi penafsiran Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Mishbah). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi marfik fix.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang makna-makna yang terdapat dalam ayat-ayat air dan angin perspektif Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Mis}ba>h, penelitian ini dilakukan karena banyak kata air dan angin yang terdapat dalam satu ayat jadi saling beriringan entah dari manfaat yang saling melengkapi atau saling bertolak belakang. Selain itu, banyak manusia zaman sekarang telah melalaikan nikmat Allah Swt yang senantiasa mengalir setiap hari yakni air dan angin. Penelitian ini bertujuan supaya masyarakat lebih mensyukuri nikmat Allah Swt sehingga dapat lebih menjaga dan merawat bumi tercinta.
Adapun Fokus penelitiannya yakni 1). Apa saja yang mempengaruhi Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat air dan angin dalam kitab tafsir Al-Mis}ba>h? 2). Bagaimana penafsiran Quraish Shihab terhadap ayat-ayat air dan angin dalam kitab tafsir Al-Mis}ba>h? 3). Bagaimana relevansi penafsiran Quraish Shihab terhadapa ayat-ayat air dan angin dalam konteks sekarang?dengan tujuan penelitian yakni 1).Untuk mengetahui Apa saja yang mempengaruhi Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat air dan angin dalam kitab tafsir Al-Mis}ba>h 2). Untuk mengetahui penafsiran Quraish Shihab terhadap ayat-ayat air dan angin dalam kitab tafsir Al-Mis}ba>h. 3). Untuk mengetahui relevansi penafsiran Quraish Shihab terhadapa ayat-ayat air dan angin dalam konteks sekarang
Dengan mengambil teori yang menjelaskan apa itu pengertian air secara sains. penelitian ini dapat fokus untuk mengkaji tafsir yang terdapat dalam ayat-ayat air dan angin menurut Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk menjelaskan permasalah penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis, cara untuk mengumpulkan data yakni dengan mencari data dari sumber primer dan sumber skunder yang meliputi tafsir Al-Mis}ba>h, buku, jurnal dll.
Hasil dari Penelitian ini adalah Quraish Shihab menafsirkan ayat-ayat tentang air dan angin dengan menggunakan pendekatan bahasa untuk menjelaskan kata-kata yang sulit, beliau menjelaskan secara gamblang bagaimana proses turunya hujan yang disebabkan oleh angin, menerapkan pendekatan sosio-historis dan menggunakan metode muqarran untuk mengambil pemikiran mufasir lain. Dalam penafsiran Quraish Shihab juga terdapat pengingat untuk selalu bersyukur sehingga dapat menimbulkan rasa simpati untuk merawat dan menjaga alam.
Kata Kunci: Ayat-Ayat Air dan Angin, Tafsir Al-Mis}ba>h

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mis Marfi Atun
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:54
Last Modified: 14 Jul 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item View Item