Analisis Penerapan PSAK 105 atas Pembiayaan Mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo

Mashuuna Nnuurol, Fainna (2023) Analisis Penerapan PSAK 105 atas Pembiayaan Mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FAINA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fainna Nnuurol Mashuuna, Mariya Ulfah,S.Ag.,M.E.I.2023 : Analisis Penerapan PSAK 105 atas Pembiayaan Mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo
Kata Kunci : Penerapan Akuntansi, Pembiayaan Mudharabah, PSAK 105.
Mudharabah yakni sebuah akad kerja sama usaha antara dua pihak, yang mana pihak pertama akan memberikan modal dan pihak lain yang mengelola dana tersebut. Keuntungan mudharabah ini akan dibagikan sesuai dengan nisbah yang telah disepakati pada awal akad.
Fokus Penelitian pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembiayaan mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo?(2) Bagaimana penerapan PSAK 105 akuntansi mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo? (3) Bagaimana kesesuaian PSAK 105 akuntansi mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembiayaan mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo.(2) Mengetahui penerapan PSAK No. 105 pembiayaan mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo.(3) Mengetahui penerapan akuntansi mudharabah pada BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo sudah sesuai dengan PSAK 105.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan pendekatan peneltian ini adalah deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menganalisis apakah BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo sudah menerapkan PSAK 105 pada pembiayaan mudharabah. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mekanisme pembiayaan mudharabah pada BMT yaitu melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh pihak BMT, Menganalisis hasil dari pengajuan pembiayaan dan yang terakhir persetujuan pembiayaan dari pihak BMT. (2) Penerapan akuntansi untuk pembiayaan di BMT sudah menerapkan perlakuan akuntansi seperti pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan. (3) BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang Probolinggo telah menerapkan PSAK 105 seperti pengukuran, pengakuan, penyajian dan pengungkapan. Hal yang belum sesuai adalah pada pengakuan investasi, karena dalam penyaluran dana pihak BMT mengakui sebagai pembiayaan mudharabah bukan sebagai investasi mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Fainna Nnuurol Mashuuna
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:36
Last Modified: 14 Jul 2023 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27111

Actions (login required)

View Item View Item