Analisis Peran Ganda Perempuan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Nur Ihsani, Adelita (2023) Analisis Peran Ganda Perempuan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Adelita Nur Ihsani..pdf

Download (5MB)

Abstract

Adelita Nur Ehsani, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si., 2023: Analisis Peran Ganda Perempuan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Peran Ganda Perempuan, Pedagang Kaki Lima, Ekonomi Keluarga.

Peran ganda adalah dua atau lebih peran yang dijalankan perempuan dalam waktu yang bersamaan. Peran tersebut biasanya mengenai peran domestik yakni sebagai ibu rumah tangga dan peran publik yakni sebagai pekerja. Perempuan tersebut memilih bekerja sebagai pedagang kaki lima dikarenakan dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor ekonomi, faktor pendidikan dan faktor pribadi. Perempuan tersebut bekerja guna untuk membantu suami mencari nafkah demi meningkatkan perekonomian keluarga. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran ganda perempuan pedagang kaki lima dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?, 2) Apa saja faktor-faktor yang menentukan para perempuan tersebut memilih bekerja sebagai pedagang kaki lima di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana peran ganda perempuan pedagang kaki lima dalam meningkatkan perekonomian kaluarga di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menentukan para perempuan tersebut memilih bekerja sebagai pedagang kaki lima di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskripstif. Subjek dari penelitian ini adalah perempuan pedagang kaki lima. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Peran ganda perempuan pedagang kaki lima di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ini ternyata sangat berpengaruh dalam hal peningkatan perekonomian keluarga, hal tersebut dibuktikan dengan stabilnya keadaan ekonomi mereka setelah bekerja. 2) Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi para perempuan di Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember lebih memilih bekerja sebagai pedagang kaki lima. Yang pertama disebabkan oleh faktor tuntutan ekonomi keluarga, kedua faktor pendidikan dan ketiga adalah faktor pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adelita Nur Ihsani
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:37
Last Modified: 14 Jul 2023 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item