PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KARTUN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV PADA MATERI ENERGI DAN KEGUNAANYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM BLITAR

NINGSIH, DESY FITRIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KARTUN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV PADA MATERI ENERGI DAN KEGUNAANYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ULUM BLITAR. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
DESY FITRIANINGSIH_T20194096.pdf

Download (8MB)

Abstract

Desy Fitrianingsih, 2023: Pengembangan Media Animasi Kartun Interaktif
Kelas IV Pembelajaran IPA Materi Energi dan Penggunaannya Pada
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarsari Blitar Tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Animasi Kartun Interaktif, Energi dan
penggunaanya.
Media pembelajaran dapat diartikan menjadi sebuah alat yang membawa
pesan serta informasi antara pendidik dengan peserta didik. media animasi kartun
interaktif ini merupakan media yang dapat diterapkan pada pembelajaran dikelas,
MI Nurul Ulum Banjarsari merupakan salah satu lembaga pendidikan Madrasah
di Bliitar yang menerapkan media pembelajaran dengan media animasi kartun
interkatif pada saat kegiatan pembelajaran. Tetapi, media animasi kartun interaktif
ini masih perlu dikembangkan lagi. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan
dengan guru kelas IV didapatkan informasi bahwa media animasi kartun ini masih
berfokus pada satu pembelajaran tematik yang bermuatan IPA saja.
Dalam pengembangan animasi kartun interaktif ini memiliki beberapa
rumusan masalah yang terdiri dari (1) Bagaimana Pengembangan Media Animasi
kartun interaktif Pembelajaran IPA Materi Energi dan Penggunaannya pada Siswa
Kelas IV di MI Nurul ulum Banjarsari Kabupaten Blitar?, (2) Bagaimana
keefektifan dalam Pengembangan Media Animasi Pembelajaran interaktif IPA
Materi Energi dan Penggunaannya pada Siswa Kelas IV di MI Nurul ulum
Banjasari Kabupaten Blitar ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk
Mengembangkan Media Animasi Pembelajaran interaktif IPA Materi Energi dan
Penggunaannya pada siswa kelas IV MI Nurul ulum Banjasari Kabupaten Blitar.
(2) Untuk Mengetahui keefektifan dalam Pengembangan Media Animasi
Pembelajaran interaktif IPA Materi Energi dan Penggunaannya pada Siswa Kelas
IV di Nurul ulum Banjasari Kabupaten Blitar.
Pengembangan media animasi kartun interkatif pembelajaran IPA pada
kelas IV di MI Nurul Ulum Banjarsari Blitar Tahun pelajaran 2022/2023 ini
menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model
pengambangan ADDIE yaitu (1) Analisys, (2) Development, (3) Design, (4)
Implementaion, (5) Evaluation. dan teknik dalam pengumpulan data
pengembangan ini yaitu Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan jika (1) Produk yang
dihasilkan dari pengembangan media ini adalah video animasi kartun, (2) Hasil
keefektifan media animasi kartun interaktif yang dihasilkan dari respon peserta
didik serta hasil belajar yang diukur melalui pre-test dan post-test. Hasil
keefektifan yang diketahui serta didapatkan menggunkan perhitungan N-Gain
Score yang menunjukan rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar
79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mis desy fitria ningsih
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:43
Last Modified: 14 Jul 2023 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item