Analisis Terhadap Legalitas Aset Kripto Sebagai Objek Jaminan Dalam Sistem Hukum Jaminan di Indonesia

Hosnul, Khotimah (2023) Analisis Terhadap Legalitas Aset Kripto Sebagai Objek Jaminan Dalam Sistem Hukum Jaminan di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Hosnul Khotimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Hosnul Khotimah, 2023 : “Analisis Terhadap Legalitas Aset Kripto Sebagai Objek Jaminan Dalam Sistem Hukum Jaminan Di Indonesia”

Kata kunci : Legalitas, Kripto, Jaminan
Kebutuhan manusia yang semakin meningkat mengakibatkan meningkatnya pula tingkat pembiayaan untuk memenhi kebutuhannya. Namun dalam hal ini untuk menjaga keamanan bagi kedua belah pihak yaitu kreditor dan debitor maka diadakanlah perjanjian jaminan. berkembangnya tekhnologi menghasilkan sset kripto yang merupakan aset digital yang tidak berwujud dan memiliki nilai ekonomis sehingga dapat memungkinkan untuk jadi objek jaminan utang piutang, namun sampai saat ini belum ada regulasi mengenai aset kripto yang dijadikan objek jaminan sehingga penulis tertarik mengambil judul ini
Adapun fokus penelitiannya yaitu: 1) Bagaimana Konsep Kedepan Kripto sebagai Obyek jaminan di Indonesia? 2) Bagaimana pengaturan kripto sebagai obyek jaminan di Indonesia?
Tujuan Dari Penelitian ini diantaranya. 1) Untuk mengetahui konsep kedeapan kripto sebagai objek jaminan. 2) Untuk mengetahui pengaturan kripto sebagai objek jaminan di Indonesia.
Jenis penelitiannya yaitu normatif yaitu penelitian dengan kajian kepustakaan. dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan ada 3 yaitu: bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Pengumpulan bahan hukum ini peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menelaah dan mencari bahan kepustakaan. Pengumpulan bahan hukum dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan, membaca, mencatat bahan hukum yang sesuai dengan isu penelitian yang dilakukan.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan kesimpulan diantarnya: 1) bahwa dari beberapa regulasi yang ada dalam hukum positif maupun hukum islam serta hukum adat kripto sebagai objek jaminan belum memiliki regulasi atau payung hukum atau dapat disebut vacum of law. 2) bahwa kripto apabila dapat dijadikan objek jaminan bisa dijadikan sebagai objek jaminan fidusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Hosnul Khotimah
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:40
Last Modified: 14 Jul 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27129

Actions (login required)

View Item View Item