Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaams Game Tournament Menggunakan Media Dadu Pintar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Makanan Makanan Halal dan Haram Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Hartini, Mega Yulianti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaams Game Tournament Menggunakan Media Dadu Pintar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Makanan Makanan Halal dan Haram Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI MEGA YULIANTI HARTINI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mega Yulianti Hartini, 2023 : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Menggunakan Media Dadu Pintar untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Makanan Halal dan Haram Kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Menggunakan Media Dadu Pintar, Keaktifan Belajar Siswa, Materi makanan halal dan haram.
Kelas VIII D di SMP Negeri 3 Bondowoso memiliki masalah rendahnya keaktifan belajar siswa yang diakibatkan guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan media yang dipakai kurang menarik perhatian siswa. Penggunaan metode ceramah tersebut tidak sesuai dengan kurikulum yang dipakai yaitu kurikulum K13 yang seharusnya melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran namun siswa masih cenderung pasif karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament menggunakan media dadu pintar untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas peneliti merumuskan permasalahan: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament menggunakan media dadu pintar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi makanan halal dan haram kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament menggunakan media dadu pintar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi makanan halal dan haram kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D di SMP Negeri 3 Bondowoso. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisinoner dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif secara presentase. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik.
Hasil penelitian: Pada siklus I keaktifan belajar siswa diketahui sebesar 67,45% dengan kategori sudah baik, kemudian pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat yaitu sebesar 83,97% dengan kategori sangat baik. Perihal ini juga dikuatkan oleh hasil pengisian angket dengan perolehan pada siklus I sebesar 72,11%, kemudian pengisian angket pada siklus II yaitu sebesar 84,18%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) menggunakan media dadu pintar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi makanan halal dan haram kelas VIII di SMP Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Depositing User: Mrs Mega Yulianti Hartini
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:03
Last Modified: 14 Jul 2023 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item