PENERAPAN HADITS TENTANG KEBERSIHAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QORNAIN SUKOWONO JEMBER

Mujibur, Rohman (2023) PENERAPAN HADITS TENTANG KEBERSIHAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QORNAIN SUKOWONO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Mujib Revisi jilid 2 (1).pdf

Download (18MB)

Abstract

Mujibur Rohman, 2021: Penerapan Hadis Kebersihan di Pondok Pesantren Nurul Qornain (Study Living Hadis di Pondok Pesantren Nurul Qornain Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember ).
Kebersihan berkaitan erat dengan ajaran Islam. Dan hadis-hadis yang berkaitan dengan keberdihan memberikan pedoman bagi umat muslim dalam menjaga kebersihan lingkungan hidup dan diri sendiri. Pondok Pesantren sebagai Lembaga tradisional pendidikan Islam di Indonesia memiliki peranan penting dalam mengajarkan nilai-nilai kebersihan.
Penelitian ini dilakukan dengan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan hadis kebersihan di Pondok Pesantren Nurul Qornain.
Dari penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Nurul Qarnain merupakan pesantren yang sangat mengedapankan kelestarian lingkungan hidup. Kebersihan yang menjadi karakter di Pondok Pesantren Nurul Qarnain tersebut lahir dengan inisiasi pengasuh, diprogramkan, dan sosialisasikan kepada semua elemen Pesantren sehingga dapat diterapkan dengan baik. Terdapat beberapa faktor yang memdorong terciptanya kebersihan di Pondok Pesantren Nurul Qornain, di antaranya yang Pertama, penanaman kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan secara kolektif dengan cara mengedukasi santri dengan hadits-hadits tentang kebersihan yang ditepelkan ke dinding di tempat yang sangat strategis supaya mudah dilihat dan dibaca, seperti halnya dinding sekolah dan dinding pondok. Kedua, kegigihan Kiai Yazid Amrullah menjadi motivasi bagi santri-santri agar senantiasa selalu menjaga kebersihan pondok. Ketiga, menjaga kebersihan adalah salah satu peraturan yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Qornain.

Kata Kunci: Hadis, Kebersihan, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220313 Philosophy of Language
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Mujibur Rohman
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:31
Last Modified: 14 Jul 2023 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27139

Actions (login required)

View Item View Item