Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember

ulil laili, istiqomah (2023) Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Argopuro Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
ULIL LAILI ISTIQAMAH T20171009.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulil Laili Istiqomah, 2023: Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember
Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA Argopuro Panti Jember
Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan sistem lingkungan belajar pendidikan agama islam yang memberi peluang kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif, baik fisik, intelektual maupun emosional mengembangkan kreatifitas, menyenangkan dan menggairahkan belajar sehingga dapat mewujudkan tujuan pembelajaran secara optimal.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bui Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan meyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Agopuro Panti Jember, 2) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif,efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember, 3) mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Argopuro Panti Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan di penelitian yaitu menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Argopuro Panti Jember yaitu menyusun dan memperiapkan RPP dan menentukan sumber dan media pembelajaran 2)Pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Argopuro Panti Jember yaitu Pembelajaran diawali dengan doa guru mengulang materi kemarin yang disampaikan dan memberi beberapa pertanyaan kepada siswi, Guru membagi resume kelompok siswa dan mempresentasikan hasil resume materi yang diajarkan hari ini,dan memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi hari ini, Diakhiri dengan membaca doa setelah belajar dan doa akhir majlis. 3) Evaluasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran PAI dan BP di SMA Argopuro Panti Jember yaitu mengadakan ulangan, menilai sikap aktif waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Ms Ulil laili Istiqomah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:39
Last Modified: 14 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item