PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Abdur Ra'is, Abdur and Malihatun, Liha (2023) PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi Muk.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Mustafa, 2023:Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Negeri 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Metode Resitasi dan Pembelajaran IPS
Metode Resitasi merupakan cara untuk mengajar yang dilakukan dengan cara memberi tugas khusus kepada siswa untuk mengerjakan tugas di luar jam sekolah. Untuk pengerjaannya/ pelaksanaanya bisa di rumah, di perpustakaan, atau bahkan di tempat-tempat terbuka lainnya, kemudian tugas yang diberikan oleh guru tersebut harus dipertanggung jawabkan oleh siswa dengan cara dan intruksi guru. Ada tiga fase dalam langkah penerapannya, yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggung jawabkan tugas.
Setiap metode pembelajaran pasti memilki kekurangan serta kelebihannya masing-masing, seperti dalam metode resitasi ini. Kelebihannya adalah bisa dikerjakan di mana saja di luar jam sekolah, sedangkan salah satu kekurangan dari metode ini ialah terletak pada fase yang ketiga dimana siswa seringkali tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara baik. Terlepas dari hal ini, guru harus pintar-pintar dalam menggunakan metode pembelajaran, jangan sampai metode yang digunakan hanya itu-itu saja. Untuk mendukung keefektifan dari metode resitas ini, guru harus memberikan punishment kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah bagaimana penerapan metode resitasi pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 1 Bondowoso? Sedangkan tujuan yang hendak di capai oleh peneliti ialah untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode resitasi pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTsN 1 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang didapatkan di analisis dengan mengorganisasikan data, menjabarkannya kedalam unit-unit, menyusun ke dalam pola, memilih nama yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan yang telah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen resmi, gambar, foto dan sebagainya. Aktifitas dalam menganalisis data kualitatif yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi data (conclusiondrawing/verification).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada tiga langkah dalam penerapan metode resitasi ini, yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggung jawabkan tugas yang masing-masing harus diperhatikan oleh guru supaya penerapan metode resitasi ini berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Muhammad Mustafa Malihatun
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:47
Last Modified: 14 Jul 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27144

Actions (login required)

View Item View Item