PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rosalenia, Nurul Fitria (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADASAH TSANAWIYAH ASHRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL FITRIA ROSALENIA T20181162 BARU_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nurul Fitria Rosalenia,2022 :Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Multiple Intelligences Pada Mata Pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrsah Tsanawiyah Ashri JemberTahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci :Strategipembelajaranaktif berbasis multiple intelligencess. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Penggunaan strategi dalam pembelajaran dapat membantu pendidik dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran agar mudah dan dapat diserap dengan baik oleh peserta didik.Seperti halnya sebelum penerapan strategi pembelajaran multiple intillegences, pembelajaran dikelas hanya monoton dengan metode ceramah yang berdampak kebosanan dan ngantuknya peserta didik di kelas.
Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan pembelajarandengan menggunakan startegi pembelajaran aktif berbasis multiple Intelligences dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Ashri Jember ?(2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan startegi pembelajaran aktif berbasis multiple Intelligences dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Ashri Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan menggunakan startegi pembelajaran aktif berbasis multiple Intelligences dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MTs Ashri Jember?
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi penerapan strategi pembelajaran aktif berbasis multiple intelligencespada mata pelajaran sejarah kebudayaan islamdi MTs Ashri Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode kualitatif.Adapun jenis peelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dimana penelitian berobjek pada peristiwa atau gejala yang terjadi pada lembaga maupun kelompok masyarakat.sehingga penelitian ini dinamakan penelitian studi kasus yang mana dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut :
(1) Dalam perencanaan terdapat beberapa perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan yaitu RPP, prota, promes, silabus serta kalender pendidikan yang dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaan pada pembelajaran aktif berbasis multiple Intelligences (kecerdasan majmuk) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Jember diawali dengan berdo’a terlebih dahulu. Kemudian guru mencoba untuk menganalisis karakteristik siswa yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar. Analisis karakteristik siswa meliputi beberapa aspek penting, yaitu: karakteristik umum, kemampuan awal yang telah dimiliki siswa, dan gaya belajar siswa. (3) Dalam evaluasi pada pembelajaran aktif berbasis multiple Intelligences pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Jember adalah siswa mendapatkan nilai dari setiap pertanyaanyang diajukan dan tugasyang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan-pertanyaan dan tugas tersebut bertujuan untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Selain mendapatkan nilai, siswa yang memiliki nilai tertinggi juga akan mendapatkan reward dari guru Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Nurul Fitria Rosalenia
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:26
Last Modified: 14 Jul 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27156

Actions (login required)

View Item View Item