STRATEGI GURU DALAM MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 2 MA ISLAMIYAH KEPUNG KEDIRI

Aimatin F, Fitrotin Nada (2023) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERPADU SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA 2 MA ISLAMIYAH KEPUNG KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Fitrotin Nada watermark_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitrotin Nada Aimatin F, 2023. Strategi Guru dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Terpadu di Kelas XI MIPA MA Islamiyah Kepung Kediri.
Kata Kunci: Keterampilan proses sains, strategi guru, pembelajaran biologi, sistem koordinasi pada manusia.

Keterampilan proses sains terpadu merupakan keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa untuk dapat memahami materi biologi dengan baik. Karena biologi tidak hanya perlu memahami teori saja, tetapi juga perlu pemahaman dengan fakta atau dunia nyata. Madrasah Aliyah Islamiyah Kepung Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren di Kecamatan Kepung. Sekolah tersebut masih memiliki sarana dan prasarana terbatas, namun demikian tidak menghalangi keberlangsungan kegiatan pembelajaran agar tetap efektif. Meskipun sekolah tersebut berbasis pondok pesantren, tetapi kegiatan pembelajaran biologi tetap berjalan dengan baik, di mana banyak siswa yang memiliki nilai rata-rata di atas KKM.
Fokus penelitian ini adalah untuk : 1) bagaimana guru dalam melaksanakan komponen pendahuluan dalam melatih keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas XI MIPA 2 MA Islamiyah Kepung Kediri. 2) bagaimana guru dalam melalsanakan komponen penyajian dalam melatih keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas XI MIPA 2 MA Islamiyah Kepung Kediri. 3) bagaimana guru dalam melaksanakan komponen penutup dalam melatih keterampilan proses sains terpadu siswa di kelas XI MIPA 2 MA Islamiyah Kepung Kediri.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di MA Islamiyah Kepung Kediri. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Kegiatan yang dilakukan pada komponen pendahuluan yaitu guru mengondisikan kelas dengan mengabsen kehadiran siswa, memberikan motivasi kepada siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran dan apa yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, serta melakukan apersepsi sehingga siswa bisa fokus dalam belajar di kelas. 2) Pelaksanaan komponen penyajian dilakukan sesuai dengan pendekatan, model, dan metode yang dipilih. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah saintifik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model inkuiri pada kegiatan praktikum pertama dan model project based learning pada praktikum kedua. Metode yang digunakan adalah praktikum, diskusi, dan tanya jawab. 3) Kegiatan yang dilakukan pada komponen penutup yaitu guru memberikan post test kepada siswa, mengevaluasi hasil kerja siswa dan meluruskan apabila ada yang salah, serta guru mengajak siswa untuk menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs Fitrotin Nada Aimatin F
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:24
Last Modified: 14 Jul 2023 01:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item