IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE PEER TEACHING DALAM MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MADRASAH DINIYAH MISBAHUL KAMAL GRUJUGAN BONDOWOSO

Uzlifatul Jannah, Uzlifatul Jannah (2023) IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE PEER TEACHING DALAM MENANAMKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MADRASAH DINIYAH MISBAHUL KAMAL GRUJUGAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI UZLIFATUL JANNAH FIX WATERMARK.pdf

Download (20MB)

Abstract

Uzlifatul, Jannah, 2023: Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Peer Teaching Dalam Menanamkan Kepercayaan Diri Siswa Di Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso.
Kata Kunci : Metode Cooperative Learning, Kepercayaan Diri (Self Cofidence)
Metode kooperatif learning tipe peer teaching adalah usaha aktif untuk menanamkan kepercayaan diri (self confidence) santri di Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso. Metode ini digunakan karena melihat keaktifan dan percaya diri santri yang merosot sehingga perlu pembiasaan dalam suatu kegiatan belajar mengajar untuk menanamkan self confidence santri itu sendiri. Salah satunya yaitu dengan merancang metode pembelajaran yang afektif untuk menanamkan self confidence itu sendiri. Metode cooperative learning tipe peer teaching ini sangat membantu peseta didik atau santri untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar tentunya dengan tutor sebaya akan menjadikan santri lebih berani dan percaya untuk tampil mengutarakan pendapat dan ide-ide yang mereka miliki.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan metode kooperatif learning tipe peer teaching untuk menanamkan kepercayaan diri siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso? 2) bagaimana pelaksanaan kooperatif learning tipe peer teaching untuk menanamkan kepercayaan diri siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso? 3) bagaimana evaluasi motode kooperatif learning tipe peer teaching untuk menanamkan kepercayaan diri siswa kelas 4 Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian dokumen. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Terakhir untuk membuktikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu, 1) Perencanaan metode cooperative learning tipe peer teaching yang di laksanakan oleh guru di kelas 4 Madrasah Diniyah Misbahul Kamal Grujugan Bondowoso yaitu metode ini dilaksanakan dengan pemilihan tutor sebaya yang mana metode tutor sebaya memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu adakalanya siswa lebih mudah menerima keterangan yang diberikan oleh kawan sebangku dan yang menjadi tutor tersebut akan dapat melatih kepercayaan dirinya dnegan sendirinya. 2) Pelaksanaan metode cooperative learning tipe peer teaching yang pertama, menetapkan tujuan yang ingin dicapai, memberikan pengarahan, menjelaskan materi pelajaran secara ringkas, mempreentasikan hasil pembahasan, dan mengevaluasi. 3) Pada tahap evaluasi dengan terlksananya metode cooperative learning tipe peer teaching terlihat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, siswa lebih berani mengutarakan argumen atau pendapatnya, siswa lebih memahami materi pelajaran dengan tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uzlifatul Jannah Uzlifatul Jannah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:52
Last Modified: 14 Jul 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27169

Actions (login required)

View Item View Item