Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Serta Kontribusinya dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri Kelas Wustho di Pondok Pesantren Nurul Ulum At-tauhid Kemuningsarilor Panti Jember

siti, khotimah (2023) Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Serta Kontribusinya dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri Kelas Wustho di Pondok Pesantren Nurul Ulum At-tauhid Kemuningsarilor Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI-Khghirah 0206_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Khotimah, 2023. Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Serta Kontribusinya Dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri Kelas Wustho Di Pondok Pesantren Nurul Ulum At-Tauhid.

Kata Kunci: Kitab Bidayatul Hidayah, Akhlaqul Karimah

Secara umum pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam diri yang dilakukan dengan cara menanamkan, mengembangkan, dan membentuk karakteristik manusia yang mempunyai potensi terdidik dalam ilmu pengetahuan (Intelektualitas), dan berakhlak mulia, kepada diri, keluarga dan lingkungan sekitar.
Kitab Bidayatul hidayah menjadi salah satu media bagi jalannya pendidikan, terutama pendidikan akhlak baik di lembaga pendidikan ataupun di masyarakat. Secara sederhana, pendidikan akhlak merupakan sebuah proses pembentukan perilaku lahir dan batin manusia sehingga menjadi manusia seimbang dalam arti terhadap dirinya maupun terhadap lingkungan sekitar.
Pondok pesantren Nurul Ulum At-Tauhid mengaplikasikan pembentukan akhlaqul karimah dengan cara mengkaji kitab Bidayatul Hidayah, dalam kitab tersebut berisi tentang bagaimana akhlaq seseorang, baik dalam lingkungan keluarga maupun dalam ranah masyarakat. Berhubung kita hidup dizaman kemajuan, sangat penting sekali memimpin dan mendidik para permuda dan pemudi tentang hal tata tertib sebagai pemuda dan pemudi dengan sumber syariat agama Islam. Hal ini diperlukan supaya jangan sampai jatuh kedalam jurang akhlaq yang buruk atau mengikuti suatu tindakan yang tidak sesuai dengan syariat Islam.
Fokus penelitian ini meliputi: Bagaimana Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah Kelas Wustho di Pondok Pesantren Nurul Ulum At-tauhid Kemuningsarilor Panti Jember, Bagaimana Konsep Pendidikan Akhlaq Dalam Kitab Bidayatul Hidayah, Bagaimana Kontribusi Kitab Bidayatul Hidayah dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri Kelas Wustho di Pondok Pesantren Nurul Ulum At-tauhid Kemuningsarilor Panti Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data ini menggunakan kualitatif deskripstif dengan metode Miles dan Huberman yang meliputi: Reduksi data, Penyajian data, dan kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas.
Hasil penelitian ini adalah: adanya pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di pondok pesantren Nurul Ulum At-tauhid, dalam kitab Bidayatul Hidayah terdapat konsep pendidikan akhlaq, dan adanya kontribusi dalam pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam meningkatkan akhlaqul karimah santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Siti Khotimah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:52
Last Modified: 14 Jul 2023 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item View Item