Etika Berbusana (Kajian Ma'anil Hadis Pada Shahih Muslim No 2128)

Iklima, Nur Ailma (2023) Etika Berbusana (Kajian Ma'anil Hadis Pada Shahih Muslim No 2128). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iklima Nur Ailma U20162027.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Iklima Nur Ailma, 2023: Etika Berbusana (Kajian Ma’anil Hadits pada Shahih Muslim No 2128).
Kata Kunci: Etika Berbusana, Tabarruj, Ma’anil Hadits
Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Di dalam Islam, pakaian digunakan untuk menutup aurat. Pada dunia modelling, terutama pada busana musimah, banyak memunculkan model busana kekinian yang beraneka ragam hingga tanpa disadari fungsi pakaian yang berguna untuk menutupi aurat tergeserkan dan justru mempertontonkan auratnya sendiri dan juga terlihat berlebih-lebihan dalam berbusana.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu, pertama: mengetahui Makna Etika Berbisana pada Hadis dalam Shahih Muslim No. 2128, dan kedua: Relevansi Etika Berbusana dengan Pakaian Muslimah Kekinian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan library riset (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan analisis historis.
Penelitian ini mengumpulkan data dari sumber pustaka (data dokumentasi). Sumber primer data kepustakaan yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari al-Kutub al-Tis’ah. Sedangkan sumber data sekunder bersumber dari kitab maupun buku dan literature lain yang dapat menjadi pendukung pada penelitian ini.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa etika berbusana dalam hadis Shahih Muslim no. 2128 yang harus diterapkan menghindari berlebih-lebihan (tabarruj) dalam berbusana, esensi dari berpakaian adalah menutupi aurat. Penggunaan busana muslimah yang terkategori tabarruj dapat berimplikasi pada degradasi citra identitas masyarakat muslim, moral dan etika social, serta lingkungan sosial budaya. Busana muslimah kekinian idealnya memiliki relevansi dengan etika berbusana dalam hadis. Ini bertujuan agar busana muslimah kekinian dalam pusarannya tetap dapat menghindari Fashion yang provokatif, menjaga identitas muslimah, kreatifitas dalam kerangka syariah dan kesadaran dan keterlibatan sosial dalam industri mode fashion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: Mis Iklima Nur Ailma
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:19
Last Modified: 14 Jul 2023 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27180

Actions (login required)

View Item View Item