Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Situbondo Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah

Khoiriyah, Siti (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Situbondo Nomor 7 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Khoiriyah_S20183038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada dasarnya permasalahan sampah merupakan permasalahan sentral di setiap daerah. Termasuk di dalamnya Kabupaten Situbondo. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Situbondo membentuk Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah sebagai pedoman dalam permasalahan sampah di Kabupaten Situbondo. Bentuk dari implementasi peraturan daerah tersebut pemerintah daerah membuat program sapo sadhisa untuk menangani masalah sampah di desa, disebabkaan produsen sampah yang mendominasi berupa sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga atau permukiman.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Situbondo Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah? 2) Apakah pelaksanaan program sapo sadhisa sudah berimplikasi terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Situbondo?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan implementasi Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Situbondo. 2) Untuk menganalisis implikasi adanya Program sapo sadhisaterhadap penanganan masalah sampah di Kabupaten Situbondo.
Jenis Penelitian dalam skripsi ini yuridis empiris dengan menggunakan pendeketan perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam mengimplementasikan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah telah melakukan berbagai upaya, seperti adanya peraturan persampahan, sosialisasi, dan membuat berbagai program pengelolaan sampah. salah satunya membuat program sapo sadhisa (sampah porna sampai dhisa) yang bertujuan untuk membersihkan sampah sampai di desa.
Adapun kesimpulan yang didapatkan meliputi: 1. Dalam pelaksanaan implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah, Pemerintah Daerah telah mengupayakan semaksimal mungkin dalam mengimplementasikan peraturan daerah dengan dilaksanakannya berbagai inovasi, seperti mengadakan sosialisasi, membuat produk hukum, dan inovasi program pelayanan pengelolaan sampah berupa sapo sadhisa 2. Dalam proses pelaksanaan implementasi Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah dalam hal ini program sapo sadhisa telah berimplikasi dengan baik dengan dilihat dari tingkat kepedulian masyarakat terhadap sampah. Namun, belum terlaksana dengan baik, karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dilihat dari masih ada warga yang tidak peduli terhadap pengelolaan sampah.

Kata Kunci: Implementasi, Peraturan Daerah, Pengelolaan Sampah di Kabupaten Situbondo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Siti Khoiriyah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:17
Last Modified: 14 Jul 2023 01:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item