Pengembangan e-modul matematika berbantuan canva dan heyzine pada materi statistika di SMK Al-Imam Jember

jamiludin, fauzi (2023) Pengembangan e-modul matematika berbantuan canva dan heyzine pada materi statistika di SMK Al-Imam Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Moh Fauzi Jamiludin_T20197079.pdf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peran teknologi dalam proes pembelajaran di SMK Al-Imam Jember. Hal ini diketahui dengan penggunaan bahan ajar yang menggunkan buku paket matematika. Diperkuat dengan siswa yang bisa menggunakan smartphone dalam kelas menunjang keinginan untuk membuat bahan ajar berbasis elektronik sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan membuat siswa lebih mandiri dalam belajar. Dipilih lah bahan ajar e-modul karena dinilai memiliki cakupan luas dan lebih terjabarkan fungsinya. E-modul juga memiliki sifat yang luas sehingga cocok digunakan oleh siswa SMK Al-Imam untuk menjadi bahan ajar matematika. E-modul yang dibuat akan dibuat menggunakan bantuan canva dan heyzine agar menjadi e-modul yang bagus.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana proses dari penelitian pengembangan e-modul menggunakan canva dan heyzine. Dan bagaimana kevalidan, kepraktisan, keefektifan e-modul matematika berbantuan canva dan heyzine pada materi statistika di SMK Al-Imam Jember.
Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana proses pengembangan e-modul matematika berbantuan software canva dan heyzine pada materi statistika di SMK Al-Imam Jember. Dan juga untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari e-modul matematika berbantuan software canva dan heyzine pada materi statistika di SMK Al-Imam Jember.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode RND dengan model Plomp. Model Plomp dipilih karena urutannya yang sistematis dan cocok digunakan untuk penelitian dibidang pendidikan. Adapun langkah penelitian model Plomp terdiri dari 5 tahap yaitu preamelery research, fase design, fase realisasi, fase test, revisi, evaluasi, dan fase implementasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Imam Jember di klas X TKJ. Adapun instrumen penelitian berupa angket kevalidan, angket respon guru dan siswa, soal test .
Hasil dari penelitian ini berupa’ produk e-modul yang dikembangkan dengan metode pengembangan model Plomp. Adapun kevalidan dari produk e-modul mendapatkan skor total sebesar 0,85 yang berdasarkan kategori nilai Aiken mendapatkan kategori sangat valid. Kepraktisan dari e-modul mendapatkan skor total 89% yang memenuhi kategori sangat praktis. Keefektifan dari e-modul mendapatkan total skor 61,1% berdasarkan kategori dari N-Gain hasil tersebut cukup efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul matematika, Canva dan Heyzine, Statistika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: mr moh fauzi
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:41
Last Modified: 17 Jul 2023 00:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item