PENGARUH KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KEADILAN PROSEDURAL KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK MUAMALAT KC JEMBER

Afif, Nur Hakiki (2023) PENGARUH KEPRIBADIAN, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KEADILAN PROSEDURAL KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK MUAMALAT KC JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jember.

[img] Text
SKRIPSI AFIF WATER MARK_2.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Afif Nur Hakiki, Ana pratiwi,M.S.A., 2023 : Pengaruh kepribadian, Kecerdasan Emosional, Dan Keadilan prosedural Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KC Jember.
Lembaga keuangan merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia khususnya untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Bank Muamalat dianggap masih yang paling loyal dan engaged dalam industri perbankan syariah. Hasil ini merupakan studi yang dilakukan oleh MRI (Market Research Indonesia) pada akhir tahun 2021, dan diumumkan dalam ajang “5th Infobank Satisfaction, Loyalty & Engagement (SLE) Award 2022”.
Fokus Penelitian : 1. Apakah Kepribadian karyawan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, 2. Apakah Kecerdasan Emosional karyawan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, 3. Apakah Keadilan Prosedural karyawan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Indonesia (Studi Kasus PT. Bank Muamalat KC Jember).
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk menguji pengaruh signifikan kepribadian karyawan terhadap kepuasan nasabah. Untuk menguji pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap kepuasan nasabah. Untuk menguji pengaruh signifikan keadilan prosedural terhadap kepuasan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia (Studi Kasus PT. Bank Muamalat KC Jember).
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian ini banyak di tuntut menggunakan angka mulai dari pengumpulan data. Populasi penelitian ini adalah karyawan dan nasabah pada Bank Muamalat KC Jember sebanyak 40 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Uji coba instrument dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Untuk Uji Asumsi klasik menggunakan (Uji Normalitas, Uji Multikolinierlitas, dan Uji Heteroskedastis) dan untuk Uji Analisi menggunakan Uji Linear Berganda,Uji Analisis Parsial (Uji T) dan Uji Simultan (Uji F) serta Uji Koefisien Determinasi (R2). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS versi 22.
Berdasarkan variabel penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa jumlah responden terbanyak memiliki kepribadian, kecerdasan emosional, dan keadilan prosedural baik dengan total responden 24 dan persentase 60%, dan yang paling sedikit kepribadian, kecerdasan emosional, dan keadilan prosedural buruk dengan total responden 6 dan presentase 15%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Afif Nur Hakiki
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:05
Last Modified: 14 Jul 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27204

Actions (login required)

View Item View Item