Peran Nahdlatul Ulama Serta Respon Masyarakat Atas Peristiwa Teror Ninja Di Pasuruan Jawa Timur Tahun 1998-1999

Putri Aulia, Haq (2023) Peran Nahdlatul Ulama Serta Respon Masyarakat Atas Peristiwa Teror Ninja Di Pasuruan Jawa Timur Tahun 1998-1999. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Aulia Haq_U20194021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri Aulia Haq, 2023: Peran Nahdlatul Ulama Serta Respon Masyarakat Dalam Peristiwa Teror Ninja Di Daerah Pasuruan Tahun 1998-1999

Peristiwa teror ninja merupakan kasus yang berawal dari isu santet yang dikaitakan dengan ilmu sihir dan dianggap sebagai kabar burung oleh sebagian masyarakat. Dalam kasusnya, peristiwa berawal dari daerah Banyuwangi dan menyebar hingga di seluruh Jawa Timur termasuk daerah Pasuruan. Target utama dalam tragedi ini adalah para dukun santet yang seringkali meresahkan warga setempat, namun seiring berjalan waktu target mulai beralih kepada kiai dan ulama dari kalangan Nahdlatul Ulama. Di akhir tahun 1998 keadaan daerah Pasuruan mulai kembali aman dari kasus teror ninja yang juga bersamaan dengan pulihnya keadaan Indonesia kala itu.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Nahdlatul Ulama dalam peristiwa teror ninja yang terjadi di daerah Pasuruan? 2) Bagaimana respon masyarakat terhadap peristiwa teror ninja yang terjadi di daerah Pasuruan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah persitiwa teror ninja yang terjadi pada tahun 1998. Selain untuk mengetahui sejarah terjadinya peristiwa tersebut, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui peran dari Nahdlatul Ulama selaku ormas dengan korban terbanyak dalam peristiwa teror ninja saat itu serta respon dari masyarakat atas peristiwa teror ninja terjadi di daerah Pasuruan.
Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan metode sejarah. Pendekatan yang peneliti gunakan ialah pendekatan sosiologi. Dalam menganalisis peran Nahdlatul Ulama atas peristiwa teror ninja, peneliti menggunakan teori peran dan dalam menganalisis respon masyarakat atas peristiwa teror ninja peneliti menggunakan teori fenomenologi menurut Edmund Husserl.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, Pertama: peran Nahdlatul Ulama dalam menanggulangi peristiwa ini, mulai dari deklarasi partai PKB, pemberian bantuan finansial dan keamanan hingga bekerjasama dengan para kemanan negara. Kedua: respon masyarakat dalam menganti sipasi teror ninja ini dimulai dari mengadakan kembali siskamling hingga memperlajari ilmu bela diri serta melakukan penjagaan kepada para kyai setempat.
Kata Kunci: Peran Nahdlatul Ulama, Teror Ninja, Respon Masyarakat Pasuruan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Putri Aulia Haq
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:46
Last Modified: 14 Jul 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27206

Actions (login required)

View Item View Item