Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self-Confidence Siswa Kelas XI MIPA Pada Sub Materi Sistem Pencernaan di SMAN Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Faiza, Faiza (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self-Confidence Siswa Kelas XI MIPA Pada Sub Materi Sistem Pencernaan di SMAN Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIZA_T20188030.pdf

Download (16MB)

Abstract

Faiza, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Self-Confidence Siswa Kelas XI MIPA pada Sub Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022-2023
Kata Kunci : Predict-Observe-Explain (POE), Keterampilan Berpikir Kritis, Self-Confidence
Saat ini, seiktor peindidikan sedang meinghadapi berbagai masalah yang beirdampak signifikan teirhadap hasil yang dicapai. Salah satu masalah yang seiring dijumpai beilakangan ini adalah rendahnya keiteirampilan beirpikir kritis dan self-confidence siswa. Dalam upaya meningkatkan keiteirampilan berpikir kritis dan self-confidence siswa, terdapat banyak hal yang dapat membantu proses pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keiteirampilan berpikir kritis dan self-confidence siswa, yaitu model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE); 2) Mendeskripsikan self-confidence siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE); 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi sistem pencernaan; 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap self-confidence siswa pada sub materi sistem pencernaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk penelitian nonequivalent group posttest only design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat dua kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 39,64 (kategori tinggi) dengan standar deviasi 4,543 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 35,50 (kategori tinggi) dengan standar deviasi 5,091; 2) Self-confidence siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 41,50 (kategori tinggi) dengan standar deviasi 5,799 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 37,78 (kategori sedang) dengan standar deviasi 5,591; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai signifkansi 0,001; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap self-confidence siswa dengan nilai signifkansi 0,007.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Faiza Faiza
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:34
Last Modified: 14 Jul 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27211

Actions (login required)

View Item View Item