Implementasi Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada kelompok A Di TK Dharma Wanita Burno 02 Senduro Lumajang

Elsa Eka, Yustanti (2023) Implementasi Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada kelompok A Di TK Dharma Wanita Burno 02 Senduro Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Elsa Eka Yustanti T20175002 Prodi PIAUD.pdf

Download (30MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, permainan tradisional engklek, kemampuan berhitung
Kemampuan berhitung pada anak usia dini merupakan kemampuan dasar yang berkaitan dengan perkembangan kognitif karena anak masih belum bisa menyebutkan benda konkret maka memerlukan media untuk dapat mencapai hasil yang optimal di TK Dharma Wanita Burno 02 pengenalan kemampuan berhitung anak melalui permainan tradisional engklek.
Fokus Penelitian : (1) Bagaimana Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan kemampuan Berhitung menyebutkan banyak benda 1-10 Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang? (2) Bagaimana Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan kemampuan Berhitung mengenal konsep bilangan Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang? (3) Bagaimana Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang?
Tujuan Penelitian : (1) Mendeskripsikan implementasi permainan tradisional engklek dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1).Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung menyebutkan banyak benda 1-10 Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 berupa (a) guru menyusun RPPH, (b) guru menjelaskan tata cara bermain engklek, (c) kelompok A menyebutkan banyak kotak yang terdapat pada permainan engklek. (2) Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung mengenal konsep bilangan Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 yaitu (a) kelompok A mengenal dan memahami konsep bilangan secara simbolis. (3) Implementasi Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung mengenal lambang bilangan Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Burno 02 yaitu (a) guru menjelaskan lambang bilangan 1-10 yang terdapat pada kotak permainan engklek, (b) kelompok A memahami lambang bilangan, (c) kelompok A bermain engklek dengan menyebutkan lambang bilangan di dalam kotak ketika bidak berhenti di salah satu kotak engklek, (d) guru kelompok A melakukan penilaian kemampuan berhitung dalam bentuk skala capaian perkembangan harian seperti BB, MB, dan BSH

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Elsa Eka Yustanti
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:07
Last Modified: 14 Jul 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27215

Actions (login required)

View Item View Item