Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dan Perempuan Dengan Profesi Pekerja Rumah Tangga (PRT) Akibat Eksploitasi Perdagangan Orang (Human Trafficking) Menurut Hukum Positif Di Indonesia

Rahardjo, Layli Munika (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dan Perempuan Dengan Profesi Pekerja Rumah Tangga (PRT) Akibat Eksploitasi Perdagangan Orang (Human Trafficking) Menurut Hukum Positif Di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LAYLI MUNIKA RAHARDJO_S20194001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pekerja Rumah Tangga, Eksploitasi, Perdagangan Orang
Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang kurang rinci dan khusus mengenai PRT yang implementasi dalam masyarakat tidak sesuai dengan apa yang diundangkan sehingga menimbulkan sebuah permasalahan. Perlu adanya aturan yang jelas terhadap perlindungan terhadap anak dan perempuan yang berprofesi sebagai PRT dalam eksploitasi perdagangan orang, maka dari peneliti akan mengkaji pengaturan dan perlindungan anak dan perempuan yang berprofesi sebagai PRT akibat perdagangan orang. PRT tidak dikategorikan ke dalam pekerja informal maka dari itu perlindungan berada diluar hukum pemburuhan. Eksploitasi juga bisa terjadi karena adanya penyalahgunaan perjanjian kerja.
Fokus penelitian yang diangkat terhadap penelitian ini: 1) Bagaimana pengaturan anak dan perempuan yang berprofesi PRT di Indonesia? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap anak dan perempuan dengan profesi PRT akibat eksploitasi perdagangan orang menurut hukum positif di Indonesia?.
Metode penelitian yang dipakai terhadap penelitian ini ialah penelitian hukum normatif. Dengan pendekatan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Bahan Primer menggunakan UUD 1945, UU PKDRT, UU PTPPO, dan peraturan lain yang relevan. Bahan sekunder RUU Perlindungan PRT. Tersier, buku, jurnal dan lain-lain yang bersangkuan dengan penelitian. Terhadap teknis mengkaji data menghimpun bahan-bahan hukum dan menyisihkan bahan-bahan yang tidak relevan. Peneliti menggunakan kajian pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Peneliti menggunakan pengumpulan data analisis kualitatif yang mendeskripsikan fakta serta data yang didapat dari buku maupun literatur lainnya dengan menguraikan data dan kalimat secara sistematis serta mudah dimengerti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak ada UU atau peraturan yang jelas tentang PRT bahkan dalam UU Ketenagakerjaan yang implementasi dalam masyarakat tidak sesuai dengan yang di undangkan.pengaturan PRT juga terdapat dalam UU PKDRT.UU Ciptakerja menjelaskan bahwa perjanjian harus secra tertulis untuk menghindari keingkaran dalam perjanjian, berbeda dengan Permenaker yang memperbolehkan untuk perjanjian secra lisan. Kemudian UU Ciptakerja ini dapat menimbulkan rasa aman terhadap pekerja dan memastikan hak mereka dipenuhi. 2) Anak dan perempuan dengan profesi PRT dilindungi oleh PTPPO, UU PPMI yang diharapkan melindungi memungkinkan menjadi pasal karet karena kurangnya konsisten dalam menerapkan aturan.Peraturan Menteri PPA,dan KUHP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mrs Layli Munika Rahardjo
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:07
Last Modified: 14 Jul 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item