Pemenuhan Hak Hak Hadhanah Anak Pasca Perceraian Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Putri Ayu, Hermawati (2023) Pemenuhan Hak Hak Hadhanah Anak Pasca Perceraian Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Ayu Hermawati.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri Ayu Hermawati2023: Pemenuhan Hak-Hak Hadhanah Anak Pasca Perceraian Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Kata Kunci: Pemenuhan Hak-Hak Hadhanah Anak Pasca Perceraian

Sepanjang bulan September 2020 angka perceraian terus meningkat. Total kasus menurut informasi yang diberikan Pengadilan Agama (PA) Jember, jumlah gugatan cerai yang diajukan meningkat 50% dari bulan sebelumnya. Pasca perceraian orang tua tetap mempunyai kewajiban memenuhi hak untuk menjamin kebutuhan hidup, melindungi, dan memberikan apa yang sudah seharusnya anak dapatkan, yakni hak untuk hidup, hak untuk berkembang, diasuh dan dipelihara oleh orang tuanya sendiri. Di desa gambirono kecamatan bangsalsari kabupaten jember, banyak terjadi fenomena dimana ada beberapa pasangan suami istri yang bercerai dan memiliki anak, sehingga peneliti tertarik melaksanakan penelitian tentang pemenuhan hak hadhanah.

Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pemenuhan hak hak hadhanah anak pasca perceraian di Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember? 2) Apa Kendala dalam Pemenuhan Hak Hak Hadhanah Anak Pasca Perceraian di Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember?

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana pemenuhan hak-hak hadhanah anak pasca perceraian di desa gambirono, kecamatan bangsalsari, kabupaten jember. 2)Untuk mengetahui kendala dalam pemenuhan hak hak hadhanah anak pasca perceraian di desa gambirono, kecamatan bangsalsari, kabupaten jember.

Metode yang peneliti gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Pengambilan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis kualitatif, eksploratif, keabsahan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa hak hadhanah serta tanggung jawab orang tua setelah mereka bercerai kepada anak tidak sepenuhnya terlaksana, seperti tidak terpenuhinya hak sandang dan hak pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup anak anak mereka. Ada beberapa kendala dalam pemenuhan hak hadhanah anak tersebut seperti, faktor ekonomi, ketidaktahuan orang tua akan kewajiban mereka tetap tanggung jawab terhadap anak meski mereka telah bercerai, kurangnya edukasi dan sosialisasi, tidak ada aparat hukum bertindak tegas, `serta budaya masyarakat yang `mengganggap hal tersebut adalah hal yang wajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Putri Ayu Hermawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:21
Last Modified: 14 Jul 2023 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27219

Actions (login required)

View Item View Item