Analisis Strategi Pemasaran dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Pasar Loak Mangli

Nurdiyana, Vili (2023) Analisis Strategi Pemasaran dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Pasar Loak Mangli. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
analisis strategi pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan di pasar loak mangli.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Vili Nurdiyana,Dr. H. Abdul Wadud Nafis. Lc., M. E. I, 2023 : Analisis Strategi Pemasaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Pasar Loak Mangli.

Terdapat banyak sekali strategi pemasaran yang umum digunakan oleh pedagang. Didalam pemasaran ada beberapa faktor yang dapat menghambat serta mendukung perkembangan pemasaran yakni ada faktor eksternal dan faktor internal. Adapun faktor internal yang mempengaruhi adalah kemampuan penjual dalam menawarkan barang, modal, kondisi organisasi perusahaan, dan promosi. Sedangkan faktor eksternalnya adalah berfokus pada kondisi pasar, yang mana kondisi pasar tersebut berkaitan dengan kelompok pembeli, segmen pasar serta keinginan dan kebutuhan para konsumennya.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dalam lingkup : 1. Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pedagang di pasar loak Mangli?, 2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan di pasar loak Mangli?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan tentang : 1. Strategi pemasaran yang dilakukan pedagang di Pasar Loak Mangli, 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan di Pasar Loak Mangli.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian dalam skripsi ini menggunakan analisis dan keansahan data.
Kesimpulan dalam penelitian ini: 1) Strategi pemasaran di Pasar Loak Mangli adalah dengan memperhatikan segmentasi pasarnya. Seperti: memilih target pasar yang akan dimasuki, memperhatikan “Market Analysis and Targeting” atau Analisis Pasar dan Penentuan Sasaran, menentukan sasaran pasar yang spesifik dan mengidentifikasi segmen yang akan menjadi fokus strategi pemasaran, menentukan bauran pemasaran, juga dikenal sebagai "4P" (Product, Price, Place, Promotion), serta memperhatikan diferensiasi produk dengan memperhatikan kualitas barang serta pelayanan agar setiap penjual memiliki ciri khas atau pembeda antara penjual ang satu dengan penjual yang lain. 2) faktor yang mempengaruhi penjualan di pasar loak Mangli adalah kondisi pasar seperti suasana pasar yang masih sangat tradisional, kebersihan tempat dan barang yang ditawarkan, pelayanan para penjual dan kemudahan transaksi pembayarannya. Modal yang disediakan oleh penjual sesuai dengan apa yang dibutuhkan penjual. Struktural organisasi yang ada pada Pasar Loak Mangli yang dapat mempermudah koordinasi pembayaran sewa lokasi, penjagaan keamanan pasar.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tingkat Penjualan, Pasar Loak Mangli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Analis str Vili Nurdiyana
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:46
Last Modified: 14 Jul 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27220

Actions (login required)

View Item View Item