PENERAPAN PEMBELAJARAN FIQIH 4 MADZHAB DALAM PENGEMBANGAN SIKAP MODERAT SANTRI DI BOARDING SCHOOL DARUS SHIBYAN SALAFIYYAH KARANGDUREN BALUNG JEMBER

Rohmadhani, Desintia Putri (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN FIQIH 4 MADZHAB DALAM PENGEMBANGAN SIKAP MODERAT SANTRI DI BOARDING SCHOOL DARUS SHIBYAN SALAFIYYAH KARANGDUREN BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DESINTIA PUTRI_T20191325.pdf

Download (4MB)

Abstract

Desintia Putri Rohmadhani, 2023: Penerapan Pembelajaran Fiqih 4 Madzhab
Dalam Pengembangan Sikap Moderat Santri Di Boarding School Darus Shibyan
Salafiyah Karang Duren Balung Jember
Kata Kunci: Penerapan Pembelajaran Fiqih 4 Madzhab dan Pengembangan Sikap
Moderat
Di indonesia merupakan negara majemuk yang kaya akan budaya, suku, dan
agama. Dari kemajemukan yang ada pada Indonesia ini, selain membuatnya kaya
akan tradisi juga menjadi tantangan yang besar jika tidak dikelola dengan baik,
terutama dalam konteks agama. Salah satu konflik internal yang terjadi pada umat
Islam adalah perbedaan pendapat fiqih 4 madzhab.
Fokus penelitian adalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan
pembelajaran fiqih 4 madzhab dalam pengembangan sikap moedrat santri di
Boarding School Darus Shibyan Salafiyah Karang Duren Balung Jember? 2)
Bagaimana bentuk sikap moderat santri dalam pembelajaran fiqih 4 madzhab? 3)
Apa faktor penghambat dan pendukung pembelajaran fiqih 4 madzhab dalam
pengembangan sikap moderat santri?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan terkait penerapan
pembelajaran fiqih 4 madzhab dalam pengembangan sikap moderat santri di
Boarding School Darus Shibyan Salafiyah Karang Duren Balung Jember. 2) untuk
mendeskripsikan terkait bentuk sikap moderat santri dalam pembelajaran fiqih 4
madzab. 3) untuk mendeskripsikan terkait faktor-faktor yang menjadi penghambat
serta faktor-faktor yang dapat mendukung pembelajaran fiqih 4 madzhab dalam
pengembangan sikap moderat santri.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan penelitian lapangan. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data
menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Dan untuk keabsahan data
menggunakan dua jenis teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) pada proses pembelajaran
fiqih 4 madzhab di Boarding School Darus Shibyan Salafiyah ini dilakukan dengan
tiga kegiatan yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 2) bentuk sikap
moderat santri yang mucnul dalam kegiatan pelaksanaan melalui diskusi, yakni
sikap moderat satri: Tawassuth, Tawazun, I’tidal, Toleransi, Musawah, dan Syura’.
3) Yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran fiqih 4 madzhab ialah dari
kemampuan santri yang berbeda-beda dalam memahami materi pelajaran. Kendala
lain santri yang kurang memerhatikan pda saat pembelajaran berlangsung. Untuk
faktor yang mendukung pembelajaran fiqih 4 madzhab adalah dari guru yang selalu
mendukung penuh atas pembelajaran dan guru memotivasi santri untuk terus rajin belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Desintia Putri Rohmadhani
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:20
Last Modified: 14 Jul 2023 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

View Item View Item