Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Soviatin, Anis (2023) Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anis Soviatin baru watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran menghafal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan sebagai standar kompetensi lulusan tugas akhir yang diberikan kepada siswa jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Namun di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung beberapa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits. Kesulitan ini dihadapi oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan mencarikan strategi belajar yang tepat agar siswa dapat mudah dan mencapai tujuan belajar secara maksimal.
Fokus Penelitian meliputi 1) Bagaimana kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan Penelitian meliputi 1) Mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 2) Mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Zainul Hasan Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian menggunakan field research. Obyek penelitiannya di MTs Zainul Hasan Balung Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif interaktif dari Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits yaitu a) lafal bacaan arab yang sulit b) lafal bacaan ayat Al-Qur’an yang jika terlalu banyak untuk dihafalkan beserta artinya c) banyaknya ayat-ayat yang serupa. Adapun faktor penyebab nya yaitu: kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki siswa, sikap siswa terhadap belajar, kurangnya motivasi pada siswa dan lingkungan sosial siswa. 2) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menghafal Al-Qur’an Hadits adalah dengan mengunakan strategi pembelajaran secara langsung yang dikembangkan menggunakan metode sima’i, metode kitabah, dan metode talaqqi. Adapun strategi yang digunakan guru dalam mengatasi faktor kesulitan belajar tersebut adalah dengan melakukan pendekatan psikologis kepada siswa dan metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Anis Soviatin
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:09
Last Modified: 14 Jul 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27227

Actions (login required)

View Item View Item