Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Yasinat Kabupaten Jember 1923-2014

Bachtiar, Dhinar Fitrania (2023) Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Yasinat Kabupaten Jember 1923-2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhinar Fitrania Bachtiar U20194029

Download (4MB)

Abstract

Dhinar Fitrania Bachtiar. 2023. Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Yasinat Kabupaten Jember 1923-2014.
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren merupakan bagian usaha gerakan proses pengembangan islamisasi dilakukan oleh para pendakwah tokoh sufi atau ulama yang terkenal di Jawa dengan sebutan Wali Songo pada sekitar abad 15-16 Masehi. Perkembangan islam di Jawa Timur daerah Kabupaten Jember sangat pesat dengan peran seorang kyai yang mendirikan lembaga pendidikan pondok pesantren. Perkembangan pondok pesantren secara garis besar dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yakni pondok pesantren tradisional dan pondok pesantren modern. Modernisasi pondok pesantren ini merupakan salah satu aspek dari pembaharuan Islam di Indonesia. Pondok Pesantren Yasinat merupakan salah satu pondok pesantren yang mengalami perkembangan dari pondok pesantren tradisional menjadi pondok pesantren modern.
Adapun fokus penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Bagaimana berdirinya pondok pesantren Yasinat Kabupaten Jember. 2) Bagaimana perkembangan pondok pesantren Yasinat Kabupaten Jember. 3) Bagaimana pengaruh pondok pesantren Yasinat di masyarakat sekitar
Tujuan penelitian ini untuk 1) Menjelaskan sejarah berdirinya pondok pesantren Yasinat di Kabupaten Jember. (2) Menjelaskan perkembangan pondok pesantren Yasinat di Kabupaten Jember. (3) Menjelaskan pengaruh pondok pesantren Yasinat di masyarakat sekitar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Metode penelitian sejarah merupakan metode yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian sejarah beserta permasalahannya. Menggunakan tahapan pemilihan topik pembahasan, heuristik, kritik sumber (verifikasi data), interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Pada tahun 1923-1954 telah didirikan masjid dan pondok pertama oleh KH. Imam Bukhori untuk dijadikan tempat pengajaran kepada masyarakat karena akhlak yang perlu di benahi. 2) Pada periode pertengahan, tahun 1954-1986 perkembangan pondok sudah mulai terlihat dengan mulai berdirinya pendidikan formal dan bertambahnya jumlah santri. Pada periode akhir, tahun 1986-2014 pondok pesantren Yasinat mengalami perkembangan yang pesat bisa dilihat dengan bertambahnya jumlah santri yang semakin banyak dan penambahan sarana prasarana di pondok pesantren. Pada periode akhir ini bisa dikatakan puncak dari pondok pesantren Yasinat yaitu berdirinya pondok pesantren Tahfidzul Qur'an pada tahun 2000 dan berdirinya asrama Takhasus Tahfidzul Qur'an pada tahun 2014 yang menjadi icon pondok pesantren Yasinat. 3) Pengaruh pondok pesantren Yasinat memberikan dampak positif melalui pendidikan agama, pengembangan masyarakat dan pemahaman agama serta meningkatnya etika di masyarakat.
Kata Kunci: Sejarah, Perkembangan, Pondok pesantren Yasinat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Dhinar Fitrania Bachtiar
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:02
Last Modified: 14 Jul 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27253

Actions (login required)

View Item View Item