Upaya Guru Dalam peningkatan Motivasi Membaca Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Ajaran 2022/2023

Ningsih, Ike Yulia (2023) Upaya Guru Dalam peningkatan Motivasi Membaca Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
IKE YULIA NINGSIH T20191339 WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ike Yulia Ningsih, 2023 : Upaya Guru Dalam Peningkatan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada PembelTahun Ajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Upaya Guru, Motivasi membaca Al-Qur’an
Motivasi membaca Al-Qur’an merupakan sebuah usaha untuk mencintai Al-Qur’an dan belajar membaca Al-Qur’an yang benar namun faktanya seorang peserta didik belum bisa membaca Al-Qur’an dan belum lancar membaca Al-Qur’an. Maka dari itu guru berupaya memotivasi peserta didik untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Fokus penelitian yakni,1) Bagaimana upaya guru dalam peningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Tahun Ajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana faktor pendukung Dalam peningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung TahunTahun Ajaran 2022/2023?. 3) Bagaiman faktor penghambat dalam peningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung tahun Tahun Ajaran 2022/2023?.
Tujuan Penelitian yakni, 1) Mendeskripsikan Upaya Guru Dalam Peningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan Upaya Guru Dalam Peningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Mata pelajaran Ajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung tahun Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan Upaya Guru Dalam Peningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pondoklabu Ajung Tahun Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Milles and Huberman dan Saldana yakni: Data Reduction (Redukasi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclution Drawing/Ferying (Kesimpulan atau Verifikasi). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Upaya guru dalam peningkatan motivasi intrinsik Guru memberikan semangat dengan memberikan penghargaan, dorongan memotivasi peserta didik semangat dalam membaca Al-Qur’an. Upaya guru dalam Peningkatkan motivasi ekstrinsik yaitu: Membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran minimal 10 menit dan dilakukan secara bergantian. Menggunakan sumber belajar yang beragam yaitu LKS, buku paket, E-Book, Youtube, dan Al-Qur’an. Menggunakan berbagai metode dan menggunakan beberapa permainan. penggunaan PPTQ (Program Pelatihan terjemah Al-Qur’an). 2) Faktor pendukung yakni: guru yang kreatif saat pembelajaran dan sebagian besar peserta didik yang bisa membaca Al-Qur’an. 3) Faktor penghambat yakni: Beberapa peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan belum hafal huruf hija’iyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Mrs Ike Yulia Ningsih
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:52
Last Modified: 14 Jul 2023 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27264

Actions (login required)

View Item View Item