PERSPEKTIF HUSEIN MUHAMMAD MENGENAI KESETARAAN GENDER DALAM UPAYA MEREKONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN INDONESIA ABAD XX

JAMIL, RAHMAH RAINI (2023) PERSPEKTIF HUSEIN MUHAMMAD MENGENAI KESETARAAN GENDER DALAM UPAYA MEREKONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN INDONESIA ABAD XX. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
RAHMAH RAINI JAMIL_U20194042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmah Raini Jamil. 2023. Perspektif Husein Muhammad Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Upaya Merekonstruksi Peran Perempuan Indonesia Abad XX.
Kata Kunci: Husein Muhammad, Kesetaraan Gender, Perempuan, Abad XX
Wacana tentang perempuan identik dengan kata penindasan, kekerasan, diskriminasi, subordinasi serta patriarkis atas eksistensi perempuan. Kemudian muncul diskursus kesetaraan gender yang diperjuangkan oleh beberapa tokoh. Nasib perempuan di berbagai negara hampir sama. Perempuan Indonesia pun pada awal Abad XX mengalami hal serupa, pergerakan perempuan mulai bergeliat namun belum merata, pertengahan Abad XX mulai meningkat. Akhir Abad XX hadir seorang tokoh feminis muslim Indonesia, yakni: Kyai Husein Muhammad yang berusaha membela perempuan agar publik memberikan hak-hak yang semestinya. Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual kesetaraan gender yang dicetuskan oleh Simone de Beauvoir.
Fokus penelitian dalam penelitian ini (1) Bagaimana kontestasi umum peran perempuan Indonesia Abad XX? (2) Bagaimana perspektif Husein Muhammad mengenai kesetaraan gender dalam merekonstruksi peran perempuan Indonesia Abad XX? (3) Bagaimana relevansi perspektif Husein Muhammad mengenai peran perempuan Indonesia Abad XX?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta memahami kontestasi umum peran perempuan Indonesia Abad XX, mengalisis perspektif Hussein Muhammad mengenai kesetaraan gender dalam merekonstruksi peran perempuan Indonesia Abad XX, mendeskripsikan relevansi kontestasi umum peran perempuan Indonesia Abad XX dengan pemikiran Hussein Muhammad dalam merekonstruksi peran perempuan Indonesia Abad XX.
Penelitian ini menggunakan pendekatan historis deskriptif kualitatif, dengan metodologi penelitian sejarah; heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sumber data penelitian ini berupa: sumber primer, yakni: karya Kyai Husein Muhammad dengan judul “Perempuan Ulama di atas Panggung Sejarah” dan sumber sekunder, yakni: wawancara Kyai Husein serta buku-buku karangan kyai Husein Muhammad lainnya guna menverifikasi sumber primer yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa (1) kontestasi umum peran perempuan Indonesia pada awal Abad XX menunjukkan banyak perempuan yang tidak mendapatkan hak-hak sebagaimana laki-laki, pergerakan perempuan telah ada namun masih sedikit, lalu pertengahan Abad XX pergerakan perempuan meningkat namun belum menyeluruh, menuju akhir Abad XX, perempuan Indonesia mempunyai kemajuan pesat, telah berhasil mendapatkan ruang publik untuk menyuarakan hak-haknya. Kyai Husein tokoh fenomenal juga ikutserta memperjuangkan hak-hak perempuan sehingga disebut kyai feminis. (2) Kyai Husein mempunyai perspektif bahwa laki-laki dan perempuan adalah sama-sama manusia. Perempuan adalah ibu manusia, perempuan berhak memiliki seluruh potensi kemanusiaannya dalam kapasitas yang relatif sama dengan laki-laki. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa perspektif Kyai Husein relevan dengan kontestasi peran perempuan Indonesia pada Abad XX.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mrs Rahmah Raini Jamil
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:29
Last Modified: 14 Jul 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item