PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Khoiriyah, Makrifatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMA NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Makrifatul Khoiriyah fix.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Makrifatul Khoiriyah, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar.
Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Untuk itu, standar proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Agar proses pembelajaran dapat memenuhi standar proses seperti yang diharapkan, maka guru disyaratkan untuk memahami dengan baik model, pendekatan, metode, maupun strategi yang akan di gunakan dalam mengembangkan proses pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan proses pembelajaran dikelas yang inovatif adalah Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan hasil posttest biologi siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan hasil posttest biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 70 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Insrumen pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi dan lembar penilaian mind mapping serta instrumen tes berupa soal posttest. Teknik analisis data menggunakan Uji U Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki nilai rata-rata hasil tes kemampuan hasil belajar sebesar 77,142 lebih rendah dibandingkan pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu sebesar 83,428. 2) Kemampuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki nilai rata-rata hasil tes kemampuan hasil belajar sebesar 83,428 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu sebesar 77,142. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan nilai signifikansi hasil Uji U Mann Whitney sebesar 0,001

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Depositing User: Ms Makrifatul Khoiriyah
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:40
Last Modified: 14 Jul 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item View Item