STRATEGI CUSTOMER SERVICE SEBAGAI FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM HANDLING COMPLAINT DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP JEMBER GAJAH MADA

Abdullah, Nabila (2023) STRATEGI CUSTOMER SERVICE SEBAGAI FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM HANDLING COMPLAINT DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP JEMBER GAJAH MADA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nabila Abdullah E20181147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nabila Abdullah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si., 2023: Strategi Customer Service Sebagai Fungsi Public Relations Dalam Handling Complaint Di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada

Strategi Customer Service sebagai fungsi public relations dalam handling complaint ini merupakan suatu perencanaan yang berperan penting dalam hubungan baik terhadap kebutuhan nasabah yang mengalami keluhan, oleh karena itu diperlukan untuk menjaga nama baik perusahaan juga mencapai tujuan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam proposal skripsi ini adalah 1) Bagaimana Strategi Customer Service sebagai fungsi Public Relations di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada? 2) Bagaimana Handling Complaint di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Strategi Customer Service sebagai fungsi Public Relations di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada. 2) Mendeskripsikan Handling Complaint di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Gajah Mada.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi.
Dari hasil penelitian ini adalah 1) mempertahankan nasabah dengan melayani keinginan nasabah dan menjaga hubungan antara nasabah dengan perusahaan, lalu untuk meningkatkan hubungan dengan nasabah dengan menyampaikan penjelasan berbagai macam informasi atas produk perbankan, serta menangani pertanyaan ataupun keluhan nasabah untuk mendapatkan pelanggan baru yang loyal. 2) handling complaint tersebut tindakan penanganan keluhan yang berupa memberikan image baik, adanya proses dan prosedur yang jelas, sarana dan prasana yang memadai, dan attitude.

Kata Kunci : Customer Service, Public Relations, dan Handling Complaint

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Nabila Abdullah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:10
Last Modified: 14 Jul 2023 06:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item