PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DARAH KELAS XI IPA DI MAN 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Garini, Gandis (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DARAH KELAS XI IPA DI MAN 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Gandis Dwi Garini Watermak 2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Gandis Dwi Garini,2023: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Media Audio Visual Terhadap Kreatifitas dan Hasil belajar Siswa Pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Media Audio Visual, Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa.
Pembelajaran Biologi di MAN 2 Jember sudah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, dari hasil wawancara dengan guru biologi MAN 2 Jember menunjukkan bahwa proses pembelajaran juga belum maksimal, karena model pembelajaran yang digunakan terlalu monoton dan jarang menggunakan media belajar. Sehingga banyak siswa yang kurang menyukai pembelajaran dengan metode ini dan berpengaruh dengan hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menciptakan suasana belajar yang menarik sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan metode atau pendekatan pembelajaran yang sederhana dan baik untuk guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif di kelas. Tujuan dari model pembelajaran ini adalah untuk mentransfer pengetahuan dengan mengajak siswa berdiskusi, membentuk kelompok yang heterogen dan dapat meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kreatifitas belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media audio visual terhadap kreatifitas belajar siswa pada materi sistem sirkulasi darah pada kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media audio visual terhadap kreatifitas belajar siswa pada materi sistem sirkulasi darah pada kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media audio visual terhadap kreatifitas belajar siswa pada materi sistem sirkulasi darah pada kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. 4) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi darah kelas XI IPA di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Non-Equivalent Pretest Posttest Design dan jenis penelitian Quasi Experiment.Teknik pengambilan sampel purposive sampling terdiri dari kelas XI IPA 3 kelas eksperimen dan kelas IPA 4 kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametrik dengan uji Mann Whitney U Test karena data tidak berdistribusi secara normal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, 1) Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif STAD dengan media audio visual (kelas eksperimen) memiliki kreatifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ceramah (kelas kontrol). 2) Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media audio visual (kelas eksperimen) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah (kelas kontrol). 3) Hasil uji hasil belajar Mann Whitney pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,028 variabel menunjukkan hasil pengujian < α (0,05), sehingga memberikan keputusan bahwa H0n ditolak dan Han diterima. 4) Uji Man-Whitney untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil signifikan dengan 0,009, variabel menunjukkan hasil uji sebesar < α (0,05), sehingga memberikan keputusan untuk H0n ditolak dan Han diterima. Dari hasil tersebut terlihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran discovery.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060104 Cell Metabolism
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Gandis Garini
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:24
Last Modified: 14 Jul 2023 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27314

Actions (login required)

View Item View Item