Pengembangan media flash card pada pembelajaran tematik kelas 2 di SD Muhammadiyah 01 paleran umbulsari jember

Alifah, Siti Nur (2023) Pengembangan media flash card pada pembelajaran tematik kelas 2 di SD Muhammadiyah 01 paleran umbulsari jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI NUR ALIFAH_T20194071.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: media flash card, pembelajaran tematik
Flash Card adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda symbol
yang bertujuan meningkatkan dan menuntun siswa kepada sesuatu yang
berhubungan dengan gambar itu. Flash Card berisi gambar-gambar, benda-benda,
Binatang, dan sebagainya yang dapat digunakan untuk melatih siswa mengeja
dan memperkaya kosa kata.
Rumusan masalahnya adalah ; 1) Bagaimana pengembangan media flash
card pada mata pelajaran tematik kelas 2 pokok pembahasan tema 5 subtema 2
pengalamanku di sekolah pada materi PPKn di Sd Muhammadiyah 01 paleran. 2)
Bagaimana efektifitas media flash card pada pembelajaran tematik kelas 2 pokok
pembahasan tema 5 subtema 2 pengalamanku disekolah pada materi PPKn di Sd
Muhammadiyah 01 paleran.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan yaitu ; 1)
Mengembangkan media flash card pada mata pelajaran tematik kelas 2 pokok
pembahasan tema 5 subtema 2 pengalamanku di sekolah pada materi PPKn di Sd
Muhammadiyah 01 paleran. 2) Untuk menghuji efektifitas media flash card pada
pembelajaran tematik kelas 2 pokok pembahasan tema 5 subtema 2 pengalamanku
disekolah pada materi PPKn di SD Muhammadiyah 01 Paleran.
Penelitian ini adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis,
desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini
peserta didik kelas 2 di SD Muhammadiyah Jember Tahun Pelajaran
2022/2023.Produk akhir dari pengembangan ini adalah media flash card.
Pengembangan media flash card ini divalidasi oleh 2 validator yaitu validasi ahli
media dan validasi ahli materi.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan sudah dinyatakan layak di
gunakan,Berdasarkan hasil an alisis dari data tiga validator yaitu validator media
86%, hasil validasi materi 96% dan hasil validator pembelajaran 76%. maka dari
itu media flash card dinyatakan layak digunakan. Dan berdasarkan kategori
tersebut, maka pembelajaran menggunakan media flash card dalam meningkatkan
hasil belajar PPkn terlaksan dengan jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Siti Nur Alifah
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:22
Last Modified: 14 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27318

Actions (login required)

View Item View Item