PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS APLIKASI ANDROID DILENGKAPI KUIS INTERAKTIF PADA MATERI KINGDOM PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 JEMBER

Amalia, Miranda (2023) PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS APLIKASI ANDROID DILENGKAPI KUIS INTERAKTIF PADA MATERI KINGDOM PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
T20188049_MIRANDA AMALIA_SKRIPSI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Miranda Amalia, 2023: Pengembangan Handout Biologi Berbasis Aplikasi Android Dilengkapi Kuis Interaktif Pada Materi Kingdom Protista Untuk Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Jember
Kata Kunci: Handout Biologi, Android, Kingdom Protista
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri. Dalam jenjang pendidikan SMA terdapat mata pelajaran Biologi yang mencangkup kajian saintifik tentang kehidupan. Penggunaan bahan ajar berbasis android menjadi populer saat ini dikarenakan perkembangan zaman, yang mana peserta didik aktif dalam mengoperassikan gawai. Maka dengan mengembangkan bahan ajar berbasis android diharapkan dapat menarik minat belajar siswa sehingga dapat mempengaruhi peningkakan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kevalidan Handout biologi berbasis aplikasi android dilengkapi kuis interaktif pada materi kingdom protista untuk siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember, 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap Handout biologi berbasis aplikasi android dilengkapi kuis interaktif pada materi kingdom protista untuk siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember, 3) Mendeskripsikan keefektifan Handout biologi berbasis aplikasi android dilengkapi kuis interaktif pada materi kingdom protista untuk siswa kelas X di SMA Negeri 4 Jember.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Plomp, yang meliputi tiga tahapan yakni preliminary phase, development and prototyping phase dan assasment phase.Adapun tahap validasi dilakukan dengan bantuan 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media dan 1 dosen ahli bahasa, serta salah satu guru biologi sebagai ahli praktisi pembelajaran.
Handout biologi berbasis aplikasi android dilengkapi kuis interaktif yang dikembangkan menunjukkan hasil yang valid, respons siswa yang baik dan efektif. 1) Dengan hasil kevalidan yang di peroleh sebesar 93,3% dari rata-rata penilaian kedua validator ahli materi, 93,9% dari nilai rata-rata kedua validator ahli media, 94,5%% dari dosen validator ahli bahasa, serta 96,6% dari guru biologi sebagai ahli praktisi pembelajaran, dengan skor yang diperoleh menunjukan produk termasuk dalam kategori sangat valid. 2) Dalam uji respons siswa dilakukan 3 kali uji coba yakni uji one-to-one memperoleh skor sebesar 85%, uji skala kecil memperoleh skor 80,7%, dan uji skala besar memperoleh skor sebesar 81,6%, yang dari skor ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat menarik bagi siswa. 3) Dalam uji efektivitas dilakukan dengan melakukan uji Independent Sample T-testayng mempeoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 yang mana angka tersebut kurang dari 0,05. Sehingga bahan ajar Handout Biologi Berbasis Aplikasi Android dilengkapi Kuis Interaktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060701 Phycology (incl. Marine Grasses)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Depositing User: Ms Miranda Amalia
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:40
Last Modified: 14 Jul 2023 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27320

Actions (login required)

View Item View Item