PERKEMBANGAN EKONOMI ERA KHALIFAH HARUN AL-RASYID TAHUN 786-809 M

Humayroh, Iftilah Dian (2023) PERKEMBANGAN EKONOMI ERA KHALIFAH HARUN AL-RASYID TAHUN 786-809 M. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFTILAH DIAN HUMAYROH NIM U20194047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iftilah Dian Humayroh. 2023. Perkembangan Ekonomi Era Khalifah Harun Al-Rasyid Tahun 786-809 M.
Khalifah Harun al-Rasyid merupakan khalifah yang sukses dalam kepemimpinannya. Khalifah Harun berusaha memajukan peradaban Islam terutama perekonomian umat Islam hingga berkembang dengan pesat. Aktivitas masyarakat dibidang ekonomi berjalan lancar seperti penyediaan segala bentuk sumber-sumber ekonomi dalam sektor pertanian, industri, perdagangan, tranportasi, kerajinan dan pertambangan. Kemajuan yang telah dicapai memberikan kesan terhadap rakyatnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana latar belakang ekonomi awal Dinasti Abbasiyah?. 2) Bagaimana Perkembangan ekonomi era khalifah Harun al-Rasyid?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan ekonomi awal Dinasti Abbasiyah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi ekonomi, kontribusi, kebijakan dan sistem perkembangan ekonomi yang dilakukan khalifah Harun Al-Rasyid.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). pengumpulan sumber-sumber data tertulis yang terdapat di perpustakaan, seperti buku, dokumen, catatan dan kisah sejarah dan lain-lain maupun browsing literature di internet berkaitan dengan perkembangan ekonomi era khalifah Harun al-Rasyid tahun 786-809 M. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian sejarah melalui tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) latar belakang ekonomi awal Dinasti Abbasiyah dibangun oleh khalifah Abu Ja‟far Al-Mansur, kemudian dilanjutkan oleh khalifah sesudahnya yaitu khalifah Al-Mahdi dan khalifah Al-Hadi. Puncak kemakmuran dan kejayaan Dinasti Abbasiyah terjadi pada pemerintahan khalifah Harun Al-Rasyid tahun 786-809 M terutama dalam bidang perekonomian. (2) perkembangan ekonomi pada masa khalifah Harun al-Rasyid sangat maju dan berkembang. Khalifah Harun selalu menekankan pentingnya memenuhi kebutuhan rakyat sesuai dengan syariat Islam berdasarkan dalil-dalil al-Qur‟an dan Hadits. Kemajuan ekonomi bersumber dari pendapata Negara yang berasala dari zakat, pajak bumi, harta rampasan perang dan uang tebusan. Khalifah Harun al-Rasyid melakukan verifikasi sumber pendapatan negara dengan membangun Baitul Maal dan diurusi oleh beberapa diwan.
Kata Kunci: Perkembangan Ekonomi, Khalifah Harun Ar-Rasyid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210204 Museum Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mis Humayroh Iftilah Dian
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:15
Last Modified: 14 Jul 2023 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item