Pengaruh model guided discovery learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kingdom protista kelas x di SMAN Pakusari Jember Tahun pelajaran 2022/2023

Alfia, Evanti nur (2023) Pengaruh model guided discovery learning terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kingdom protista kelas x di SMAN Pakusari Jember Tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin khas jember.

[img] Text
SKRIPSI EVANTI ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Evanti Nur Alfia, 2023: Pengaruh Model Guided discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Kognitif Belajar Siswa Pada Materi Kingdom Protista Kelas X di SMAN Pakusari Jember tahun pelajaran 2022/2023
Kata kunci: Model Pembelajaran Guided discovery, Sikap Ilmiah, Hasi Kognitif, Materi Protista
Keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh aspek berpikir saja, melainkan juga oleh aspek afektif (sikap ilmiah). Namun dalam kenyataanya masih terdapat siswa kemampuan berpikir dan sikap ilmiah yang rendah. Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk dikembangakan dan mampu membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Peningkatan kualitas pembelajaran yang sesuai dirasa perlu untuk mengatasi hal tersebut. Penggunaan model pembelajaran guided discovery learning dirasa perlu dalam membantu dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran yang berujung pada meningkatnya sikap ilmiah dan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning; 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning; 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap sikap ilmiah siswa; 4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design, bentuk penelitian nonequivalent group posttest only design dan pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2 dengan 36 siswa sebagai kelas kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi dan uji analisis data menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kelas eksperimen memiliki skor rata-rata sikap ilmiah sebesar 80 dan kelas kontrol 70; 2) kelas eksperimen memiliki skor rata-rata hasil belajar siswa 85,56 dan kelas kontrol 78,31; 3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided discovery learning terhadap sikap ilmiah siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05 yaitu hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000; 4) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05 hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060701 Phycology (incl. Marine Grasses)
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Depositing User: Ms Evanti nur Alfia
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:19
Last Modified: 14 Jul 2023 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27337

Actions (login required)

View Item View Item