Strategi Pengembangan Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Makam KH. Muhammad Shiddiq Jember

Nasrul, kaafin (2023) Strategi Pengembangan Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Makam KH. Muhammad Shiddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Kaafin Nashrul Mu'taz D20174031.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Kaafin Nashrul Mu'taz D20174031.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK
Kaafin Nashrul Mu’taz, 2022. Strategi Pengembangan Objek Wisata Religi
Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Makam KH. Muhammad Shiddiq
Jember
KH. Muhammad Shiddiq menyebarkan agama Islam sejak tahun 1884
yang dimulai dengan mendirikan pesantren di kampung Gebang. Beliau
merupakan salah satu penyebar agama Islam yang menurunkan banyak tokoh
nasional yang sangat berjasa terhadap kemajuan Islam di Indonesia, diantaranya
adalah KH. Ahmad Shiddiq, KH Mahfudz Shiddiq dan KH. Hamid Pasuruan.
Makam KH Muhammad Shiddiq merupakan salah satu tujuan berziarah
masyarakat Islam Jember dan sekitarnya, namun hal tersebut belum dioptimalkan
secara maksimal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana strategi
pengembangan wisata religi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di makam
KH. Muhammad Shiddiq Jember? serta Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam pengembangan wisata religi makam KH. Muhammad Shiddiq
Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah sebuah usulan strategi pengembangan wisata
religi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di makam KH. Muhammad
Shiddiq Jember antara lain adalah Kerjasama dengan Pengurus Nahdlatul Ulama’,
Kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jember, Memanfatkan Media Sosial
guna mensyiarkan sosok KH. Muhammad Shiddi Adapun faktor pendukung
peningkatan kunjungan wisatawan di makam KH. Muhammad Shiddiq adalah
Sejarah hidup KH. Muhammad Shiddiq yang syarat akan makna ketauladanan
Santri KH. Muhammad Shiddiq yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia dan
Lokasi makam KH. Muhammad Shiddiq yang strategis. Faktor penghambat
peningkatan kunjungan wisatawan di makam KH. Muhammad Shiddiq adalah
kurangnya penyebaran informasi tentang KH. Muhammad Shiddiq Akses parkir
dan Musholla yang kurang memadai.
Kata Kunci : Makam KH. Muhammad shiddiq, Kerja sama, Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr Kaafin Nashrul
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:25
Last Modified: 14 Jul 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27346

Actions (login required)

View Item View Item